PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS IV SD NEGERI 122380 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan menilai pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD Negeri 122380 Pematangsiantar. Metode dipakai ialah kuantitatif beserta desain pre-experimental one group pretest-posttest. Sampel terdiri dari 25 siswa. Uji dipakai mencakup uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan uji-t. Hasilnya menyatakan model Problem Based Learning mempunyai pengaruh positif pada hasil belajar siswa PPKn di kelas. Terlihat dari data yang diperoleh dari ulji t dihitulng dari balntulaln progralm SPSS 26 didapatkan nilali sig (2-taliled) sebesalr 0,000 < 0,05 sehingga Hal diterimal daln Ho ditolalk. Halsil alnallisis ulji palired salmpel test dilihalt balhwal > yalng dimalnal sebesalr 26,908. Sedalngkaln dengaln talralf df 24 sehinggal berjulmlalh 1.711 pada tingkat signifikalnsi 0,05. Hasil tersebut membuktikan bahwa model Problem Based Learning mampu mengoptimalkan pencapaian belajar siswa di pelajaran PPKn kelas IV SD Negeri 122380 Pematangsiantar. Jadi, model ini memang terbukti meningkatkan hasil belajar siswa di mata pelajaran tersebut.
References
Huda, A. I., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1547–1554.
Munawarah, B. S., Witono, H., & Jiwandono, S. I. (2023). Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKN Kelas V SDN 20 Cakranegara. Progres Pendidikan, 4(3), 143–153.
Nur, D. M. (2025). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas IV SDN 153/V Purwodadi. Journal Of Indonesian Professional Teacher: JIPT, 1(2), 210–220.
Purwaningsih, I., Oktariani, Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, I. P. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan di bidang Administrasi Pendidikan, 10(1), 21–26.
Salsabilla, M., Rufi’i, & Ujang. (2024). Pengaruh Model PBL VS PJBL dan Berpikir Kritis Terhadap Hail Belajar PPKn. Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 20–36.
Saragih, L. M., Tanjung, S. D., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, A. S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi,
Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61-67








