PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 122368 PEMATANGSIANTAR TAHUN 2025

  • Chintani Sihombing Universitas Efarina
  • Mesteria Berutu Universitas Efarina
  • Oktavianus Rolan Tampubolon Universitas Efarina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruh penggunaan media pembelajaran kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 122368 Pematangsiantar pada semester ganjil T.A 2025/2026. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan satu kelas sampel yaitu kelas II SD Negeri 122368 Pematangsiantar dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen unjuk kerja untuk mengetahui kemampuan membaca siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu huruf memberikan pengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini didukung oleh hasil analisis uji hipotesis yang memperoleh nilai signifikansi 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.  Hasil analisis uji paired sampel  test dapat dilihat bahwa  >  yang dimana  sebesar 7,902. Sedangkan  dengan taraf df berjumlah 20 sehingga  berjumlah 1,729 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga diperoleh 7,902 > 1,729. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Negeri 122368 Pematangsiantar tahun 2025. Artinya media pembelajaran kartu huruf memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan kelas II SD Negeri 122368 Pematangsiantar.

References

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019:7-8). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.
Hasan, M., Milawati, Harahap , D. T., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., . . . Indra, I. M. (2021:28). Media Pembelajaran. Penerbit CV Tahta Media Group.
Havisa, S., Solehun,S., Putra, T.Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Menggunakan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten sorong. Jurnal Papeda, 24.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.
Siregar, N.A., Harahap,N. R., Harahap, H.S. (2023). Hubungan Antara Pretest dan Postest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B MTS Alwashliyah Pantai Cermin. Jurnal Edunomika, 1-13.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet CV.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021:5-6). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Adab (CV Adanu Abimata).
Wahyuni, A.P., Nasution, S., Syaifullah, M. (2023). Pengaruh Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna, 1-10.
Wati, A., Sholeh, K.,& Syaflin, S.L. (2023). Pengaruh Metode Silaba Berbantu Media kartu huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 91 Palembang. Jurnal Bina Gogik, 240-242.
Yana, N. E., & Nasution, S. (2024). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS). Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 534-541
Published
2025-11-10
How to Cite
SIHOMBING, Chintani; BERUTU, Mesteria; TAMPUBOLON, Oktavianus Rolan. PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 122368 PEMATANGSIANTAR TAHUN 2025. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 156-168, nov. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/7379>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v6i1.7379.