PENGARUH AUDIO LINGUAL METHOD DAN MEDIA SCRABBLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 3 MI SUNAN AMPEL GENDOH SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2024-2025
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh yang signifikan Audio Lingual Method terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh; 2) adakah pengaruh Media Scrabble terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh; 3) adakah pengaruh penggunaan Audio Lingual Method dan Media Scrabble secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis uji beda (uji t) dan linear berganda karena terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat. uji beda (uji t) digunakan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Audio Lingual Method terhadap hasil belajar Bahasa Inggris dan pengaruh Media Scrabble terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh. Sementara linier berganda digunakan untuk mengetahui interaksi Audio Lingual Method dan Media Scrabble secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pada hipotesis pertama, berdasarkan hasil analisis uji beda (uji t) (r) didapat uji beda (uji t) antara penggunaan Audio Lingual Method dengan hasil belajar Bahasa Inggris (r) adalah 0,610. hal ini menunjukkan bahwa terjadi pengaruh antara. sementara berdasarkan uji t hitung diperoleh sebesar 5,20251 yang lebih besar dari t table sebesar 2.05954. maka berdasarkan keputusan terdapat pengaruh yang signifikan Audio Lingual Method terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. hipotesis kedua, uji beda (uji t) antara Media Scrabble dengan hasil belajar Bahasa Inggris (r) adalah 0,576. hal ini menunjukkan bahwa terjadi pengaruh Media Scrabble terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. berdasarkan interpretasi data menunjukkan bahwa pengaruh yang diperoleh yaitu 0.687 berada pada interval 0.60 – 0.799 dengan kriteria pengaruh yang kuat. berdasarkan uji t hitung diperoleh sebesar 4,72711 yang lebih besar dari t table sebesar 2.05954. maka berdasarkan keputusan terdapat pengaruh yang signifikan Media Scrabble terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. hipotesis ketiga, terdapat pengaruh antara Audio Lingual Method dan Media Scrabble secara bersam-sama terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh. hal ini dibuktikan dengan hasil uji f diperoleh p value 0,001 < 0,05, sementara f hitung sebesar 7,562 dan lebih besar dari f table yaitu 3.39. berdasarkan pengambilan keputusan maka terdapat pengaruh Audio Lingual Method dan Media Scrabble secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh.
Referensi
Fitriani, F. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Audio-Lingual. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 195– 201.
Holil, M., & Nofita, F. (2021). Penerapan Game Edukasi Scrabble untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris (Vocabulary) Siswa. CERDAS: Jurnal Riset Terapan Pendidikan dan Pelatihan, 1(2), 91–98.
Lestari, R. D., & Fathoni, A. (2020). The use of Audio Lingual Method (ALM) to improve students’ pronunciation at second grade of SMP Islam Walisongo 2 Puncu in academic year of 2019/2020. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 4(1), 58-66.
Lubis, A. A., & Anggraini, A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education and Teaching, 2(1), 1–8.
Lubis, F. K. (2021). Penerapan Audio-Lingual Method (ALM) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 903–909.
Lubis, R. F., & Syafitri, L. (2021). Analisis penerapan model pembelajaran Children Learning English pada anak usia dini. Jurnal Raudhah, 9(1), 58–68.
Muzdalifah, W. (2022). Penerapan metode audio-lingual untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris siswa kelas V SD Negeri 2 Teegalampel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 241-250.
Muzdalifah, W. (2022). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Media Permainan Scrabble pada Siswa Kelas V SDN Ngadirejo 01. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 119-126.
Nasution, I. S., & Siregar, P. (2022). Implementasi permainan Scrabble untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 939–944.
Pratiwi, D. A., & Asitah, N. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1836–1843.
Purba, D., Sinaga, Y. K., & Herman, H. (2023). The use of audio lingual method (ALM) in teaching speaking. Journal of English Language and Education, 8(1), 108– 121.
Sari, D. M., & Elvina, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas XI SMAN 10 Depok. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 163–174.
Sa’diyah, H., & Cahyono, B. Y. (2021). The Use of Scrabble Game to Improve the Eighth Graders’ Vocabulary Mastery. Journal of English Language Teaching and Learning, 2(1), 33–39.
Siregar, R. A., & Asrul, S. (2021). Pengaruh metode Audio-Lingual (ALM) berbantuan media audio terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Basicedu, 5(5), 3746–3754.
Syafitri, D. A., & Yasin, A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Bahasa Inggris Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 209–216.
Syaputri, K. D., Aprilia, F., Putra, M. S., & Nastiti, D. (2023). Penerapan Audio Lingual Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Dalam Pelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Sekolah Dasar Di Desa Rambutan. Proceedings of Bina Darma Conference on Community Service Results, 1(1), 6- 14.
Tuti, & Ilinawati, I. (2022). Scrabble Game: Boosting Vocabulary Mastery of English Foreign Language (EFL) Students. Journal of English Education and Teaching, 6(2), 271–282.
Wati, N. K., Artini, L. P., & Budasi, I. G. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Berbasis Tugas di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 573-582.



