PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPETENCY BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS X SMK RAUDLATUSSALAM GLENMORE SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2024-2025

  • Yuni Eka Safitri Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Abdul Muis Universitas PGRI Argopuro Jember
  • A. Zaki Emyus Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adakah pengaruh model pembelajaran Competency Based Learning terhadap kreativitas siswa kelas X SMK Raudlatussalam Glenmore semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. 2) adakah pengaruh model pembelajaran Competency Based Learning terhadap hasil belajar IPAS kelas X SMK Raudlatussalam Glenmore semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis uji beda untuk hipotesis parsial. Uji beda atau independen t test (uji t) digunakan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Competency Based Learning terhadap kreativitas siswa dan hasil belajar dan pengaruh tinjauan terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan 1) Berdasarkan hasil analisis uji beda model pembelajaran Competency Based Learning dengan hasil belajar adalah 0,601. Nilai ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Competency Based Learning terhadap kreativitas siswa kelas X SMK Raudlatussalam Glenmore semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. Berdasarkan interpretasi data, nilai 0,702 berada dalam interval 0,60 – 0,799, yang mengindikasikan bahwa pengaruh tersebut tergolong kuat berarti semakin tinggi penerapan model pembelajaran Competency Based Learning, semakin baik pula hasil belajar yang dicapai oleh siswa. 2) Berdasarkan hasil analisis uji beda model pembelajaran Competency Based Learning terhadap hasil belajar adalah 0,648. Nilai ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Competency Based Learning terhadap hasil belajar IPAS kelas X SMK Raudlatussalam Glenmore semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. Berdasarkan interpretasi data, nilai 0,648 berada dalam interval 0,60 – 0,799.


 

References

Andini, D. W. (2021). Pendidikan Seni Rupa untuk Anak Usia Dini sebagai Proses Pengembangan Kreativitas. Jurnal Imajinasi, 15(2), 119–128.
Antari, D., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 147–157.
Astuti, I. A. D., & Santosa, I. M. H. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 422–430.
Barus, P. C. (2022). Implementasi kurikulum berbasis kompetensi link and match dengan dunia usaha dan dunia industri di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis. JURNAL EDUSCIENCE, 9(1), 161-171.
Fadlillah, A. H. (2022). Pengembangan Modul Pengantar Akuntansi Berbasis Kompetensi (Competency Based Learning). BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(2), 488-494.
Fadhilaturrahmi, F., Sirajuddin, S., & Ilham, I. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi Abad 21 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 9(2), 299-311.
Khasanah, B. N., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa MAN. Bioma: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 4(1), 10–20.
Luthfi, M., Hidayat, T., Al Kholif, M. A., & Mufida, N. F. (2022). Penerapan Project Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Fase E di SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi (IPT), 2(3), 112-117.
Puspitasari, A. D., & In'am, A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 221–234.

Putri, R. A., Rahmatan, H., & Abdullah, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 12–23.
Santoso, A., & Kurniawan, D. T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pop-Up Book. Jurnal Basicedu, 6(4), 6030–6038.
Sari, D. P., & Putra, F. G. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(1), 51–58.
Sari, Y. N., & Setiawan, B. (2021). Implementasi Competency Based Learning (CBL) untuk Meningkatkan Hard Skills dan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 485–494.
Siregar, N. (2020). Penerapan model pembelajaran competency based learning (CBL) dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa. Jurnal Educatio, 6(2), 529–537.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, L. K. (2021). Pentingnya Peningkatan Kreativitas Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5600–5605.
Siska Widia, V., Festiyed, F., & Asrizal, A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Elektronik Fisika Berbasis Kompetensi Abad 21 di SMK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 163-171.
Susanto, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 92–98.
Utami, A. D., & Wutsqa, D. U. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP ditinjau dari self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 108–119.
Published
2025-10-13
How to Cite
SAFITRI, Yuni Eka; MUIS, Abdul; EMYUS, A. Zaki. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPETENCY BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS X SMK RAUDLATUSSALAM GLENMORE SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2024-2025. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 61-70, oct. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/7246>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v6i1.7246.