STUDI LITERATUR : “PENDEKATAN HOLISTIK DALAM MANAJEMEN PAUD INTEGRASI PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN GIZI ANAK USIA DINI”

  • Rina Insani Setyowati Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Anak usia dini merupakan masa golden Age yang perkembangannya menjadi landasan keberhasilan proses kehidupan seseorang untuk menjadi individu, masyarakat dan bangsa yang sehat, sejahtera, dan bermartabat. Kesehatan anak merupakan unsur utama dalam pendidikan anak usia dini agar pertumbuhan fisik dan potensi kognitif maupun emosionnal anak dapat tumbuh dengan optimal guna melanjutkan pendidikan pada jenjang selanjutnya. Dampak positif dari pendekatan holistik dalam manajemen PAUD yang mengintegrasikan pendidikan, kesehatan, dan gizi sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak usia dini. Pendidikan yang baik dapat membantu anak untuk lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan dan pola makan yang seimbang, sementara gizi yang tepat dan perhatian terhadap kesehatan mendukung kapasitas mereka untuk belajar dan berkembang dengan lebih baik.

References

Agustini, S. R. I. (2015). Implementasi Pendidikan Holistik Integratif pada Anak Usia Dini. Tesis. STAIN Jurai Siwo Metro.

Anhusadar, L. O. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19 Abstrak. 5(1), 463– 475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555

Chin, J. M. C., Ching, G. S., Del Castillo, F., Wen, T. H., Huang, Y. C., Del Castillo, C. D., Gungon, J. L., & Trajera, S. M. (2022). Perspectives on the Barriers to and Needs of Teachers' Professional Development in the Philippines during COVID-19. Sustainability (Switzerland), 14(1), 1-25. https://doi.org/10.3390/su14010470

Green, Lauwrenc et al. 1980. Health Education Planning, a Diagnostics Approach. John Hopkins: MyfieldsPublishing Co.
Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 17-24. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133
Herry, W. 2012.Muatan Pendidikan Holistik Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud. [email protected]
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Kesehatan, P., & Usia, A. (2018). Erida – Pengasuhan dan Pengembangan Kesehatan Anak Usia Dini.

Latiana, L., & Utami, D. (2020). A Holistic-Integrative Approach to Early Childhood Education Quality Improvement - The Case of Pemalang Regency. ISET. https://doi.org/10.4108/eai.29-6-2019.2290353
Maria, F.MA., (2022). Penerapan Layanan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6 Issue 5(2022)Pages 4287-4296. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2587
Notoadmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Oktaviani, D. A., & Dimyati, D. (2021). Penerapan paud holistik integratif pada masa pandemic movie 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870– 1882. https://doi.org/10.31004/obsesi. v5i2.995
Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2020). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831

Putri Abadi, N. Y. W., & Suparno, S. (2019). Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.161
Sanusi, A. (2016). Metodologi penelitian bisnis. Salemba Empat.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif,. kualitatif dan r&d). CV. ALFABETA.
Suprapto, E. (2020). Kendala Satuan PAUD dalam Penerapan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) di Kecamatan Salahutu dan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Ilmiah PATITABPPAUD Dan Dikmas Maluku, 7(1), 41-53
Suryaningsih, A., Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2019). Implementasi Metode Experiential Learning dalam Menumbuhkan Perilaku Kesehatan dan Keselamatan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 187. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.317
Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255
Upik, E.E.R., dkk.(2022). Holistik Integratif untuk pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, Vol. 10 No. 3. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Warmansyah, J. (2020). Program Intervensi Kembali Bersekolah Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 743. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.573
Published
2025-09-15
How to Cite
SETYOWATI, Rina Insani. STUDI LITERATUR : “PENDEKATAN HOLISTIK DALAM MANAJEMEN PAUD INTEGRASI PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN GIZI ANAK USIA DINI”. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 26-40, sep. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/7218>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v6i1.7218.