STUDI LITERATUR MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERCERITA

  • Harliana Harliana Universitas Bakti Indonesia
  • Azria Bey Alfina Universitas Bakti Indonesia
  • Hermanto Hermanto Universitas Bakti Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.36841/consilium.v6i1.7176

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita. Anak usia dini berada pada masa keemasan di mana perkembangan mereka sangat pesat dan peka terhadap berbagai stimulus. Bahasa sebagai alat komunikasi memainkan peran penting dalam perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dan wawancara untuk mengumpulkan data. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan media seperti buku cerita bergambar, boneka tangan, big book kalender, gambar seri, finger puppet, dan papan flanel dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak secara signifikan. Media-media tersebut tidak hanya membuat kegiatan bercerita menjadi lebih menarik tetapi juga mendukung perkembangan aspek reseptif dan ekspresif bahasa anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode bercerita dengan dukungan media yang tepat dapat menjadi cara efektif untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini.

Referensi

Afrina Andriana. FA, P. L. (2021). Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 9554-9559.
Amalia, E. R. (2019). Meningkatkan perkembangan bahasa Anak Usia Dini dengan metode bercerita.
Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44.
Apriliyana, F. N. (2020). Mengoptimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 109-118
Ariawan, V. A. N., Agustin, E. D., & Rahman, R. (2019). Bermain Sebagai Sarana Mengembangkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 25-36.
Arsini, Y., Nurhalimah, N., & Haliza, S. (2023). Perkembangan Kemampuan Berbahasa Ekspresif dan Anak Autis dengan Menggunakan Pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis). MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(2), 55-62.
Bangsawan, I., Eriani, E., & Devianti, R. (2021). Kegiatan Bercerita Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 34-39.
Khosibah, S. A., dan Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869.
Dewi, U. T., & Fitria, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Usia 5-7 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 31-41.
Dhieni, N., dkk. (2019). Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Eka Rizki Amalia, A. R. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. ER Amalia - 2019 - osf.io, 2-14.
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 237-246.
Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi bahasa anak usia dini 5-6 tahun melalui metode bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1-7.
Hasanah, N., Harmawati, D., Hidayat, A. K., & Guru, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Bercerita Berbantu Media Finger Puppet pada Anak TK Kelompok B. Musamus Journal of Primary Education (October 17, 2019), 32, 37.
Hasmawaty, H. (2020). Kemampuan Menyimak Anak Melalui Kegiatan Bercerita (Studi Kasus Pada Taman Penitipan Anak Athirah Makassar). Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 55-68.
Hazhari, A. a. (2022). Studi Literatur Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Tulip, Jurnal Tulisan Ilmiah Pendidikan. STKIP, 11(1), 43-52.
Hildayani, R. (2019). Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi perkembangan dan indikator pencapaian bahasa reseptif dan bahasa ekspresif pada anak usia dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38-46
Marwah, M. (2022). Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 34-42.
Miles, M., & Huberman, M. (1992). Qualitative Data Analysis (1ST ed.). Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Mulyani, D., Inten, D. N., & Aziz, H. (2022). Bercerita Seraya Berkarya untuk Menumbuhkan Multiliterasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6450-6449.
Musfiroh, T. (2022). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Musfiroh, T. & Tatminingsih, S. (2019). Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas terbuka
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267-275.
Rini Hildayani, d. (2019). Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Setiawati, E., & Ulfah, A. (2018). Meningkatkan perkembangan berbicara anak melalui bercerita menggunakan flannel boards. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 98-109.Sundari, I., Sari, R. P., & Asnawati, A. (2023). Peningkatan Perkembangan Bahasa Reseptif Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Peran. Early Childhood Research and Practice, 4(01), 33-36.
Sundari, I., Sari, R. P., & Asnawati, A. (2023). Peningkatan Perkembangan Bahasa Reseptif Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Peran. Early Childhood Research and Practice, 4(01), 33-36.
Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh bercerita berbantuan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak. Journal of Education Research, 1(1), 28-37.
Sriyanti, S., & Putri, N. D. A. (2023). Implementasi Media Boneka Jari Melalui Kegiatan Bercerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(1), 51-61.
Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1197-1211
Tadkiroatun Musfiro, S. T. (2019). Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Triutami, N., Widayati, S., & Komalasari, D. (2022). Penerapan metode bercerita dengan media big book kalender untuk meningkatkan perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 162-170.
Zaman, B., & Hernawan, A. H. (2020). Media & Sumber Belajar PAUD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Zein, R., & Puspita, V. (2021). Efektivitas pengembangan model bercerita terpadu terhadap kemampuan berbahasa anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2168-2178.
Zein, R., & Puspita, V. (2021). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199-1208
Diterbitkan
2025-09-09
##submission.howToCite##
HARLIANA, Harliana; BEY ALFINA, Azria; HERMANTO, Hermanto. STUDI LITERATUR MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERCERITA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 13-25, sep. 2025. ISSN 2775-9466. Tersedia pada: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/7176>. Tanggal Akses: 06 des. 2025 doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v6i1.7176.