UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PADI (PAPAN DIAGRAM) KELAS IV SD N 2 SUSUKAN
Abstract
Model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) adalah pendekatan yang simple namun efektif, karena mampu mengembangkan keterampilan 4C serta mendukung proses pembentukan pengetahuan siswa. Akan tetapi, pada praktiknya, pembelajaran saat ini minim pemanfaatan media yang dapat mendukung keterlibatan siswa dalam proses belajar, sehingga partisipasi aktif mereka cenderung rendah. Oleh karena itu, media papan diagram (PADI) diharapka mampu membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi penyajian data. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Susukan sebanyak 34 siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian, simpulan data menyatakan bahwa pelaksanaan aktivitas pembelajaran dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran think pair share berbantu media PADI terdapat adanya peningkatan pada ketuntasan prestasi belajar pembelajaran matematika dengan penggunaan model TPS dari siklus I menuju siklus II. Presentase yang di capai pada siklus I sebelumnya tergolong masih rendah, yakni diperoleh pada siklus I sebelumnya masih rendah yaitu memperoleh 67,85% dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 96,96% dengan kriteria sangat baik dikarenakan pada proses pembelajaran menggunakan TPS ini peneliti lebih membimbing peserta didik pada proses pembelajaran dan penyampaian materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik, penelitian yang digunakan.
References
Febrilia, S., (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Penyajian Data Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Papan Diagram (PADI) pada siswa kelas V SDN 03 Madiun Lor Kota
Madiun. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09 Nomor 01, Juni 2023.
Inna Dadina dan Sri Adi. (2017). Hubungan antara minat belajar matematika, keaktifan belajar siswa, dan persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, VI, 721–724.
Lau, K. H., & Jin, Q. (2019). Chinese students’ group work performance: does team personality composition matter. Education and Training, 61(3), 290–309.
Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nika F.T. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV B SD Muhammadiyah 1 Sorong
Rahmasari, Harmianto, dan Muryaningsih. (2018). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilakukerjasama dan prestasi belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala.
Sudjana, N. (2019). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tahir (2019). Improving Students’ Mathematics Learning Outcomes Through The
Implementation Of Think-Pair-Share Model.
Wasliman. (2017). Modul Problematika Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: UPI Press.
Yarisada (2019). The Use of Cooperative Learning Models Think Pair Share in Mathematics Learning








