PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI SD NEGERI 4 KROYA CILACAP
Abstract
Bullying di lingkungan sekolah dasar merupakan fenomena sosial yang memprihatinkan karena dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak secara psikologis dan moral. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mencegah perilaku bullying di SD Negeri 4 Kroya, Cilacap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SD Negeri 4 Kroya berperan aktif dalam mencegah bullying melalui tiga strategi utama: (1) internalisasi nilai-nilai keislaman seperti kasih sayang, toleransi, dan saling menghormati dalam pembelajaran; (2) pemberian teladan (uswah hasanah) dalam interaksi sehari-hari; serta (3) pembinaan spiritual dan emosional melalui kegiatan keagamaan seperti doa bersama dan pesan moral. Selain itu, guru PAI juga berkolaborasi dengan wali kelas dan orang tua dalam mengawasi dan membina siswa secara berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru PAI sangat strategis dalam membentuk karakter siswa yang religius dan berakhlak mulia sebagai upaya preventif terhadap tindakan bullying. Diperlukan dukungan kebijakan sekolah serta pelatihan kompetensi guru secara berkelanjutan untuk memperkuat fungsi edukatif guru PAI dalam membina karakter anak sejak usia dini.
References
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. 2015. Islam and Secularism, ed. revisi terj. oleh Haidar Bagir. Bandung: Mizan
Al-Basri, Hasan. 2020. Psikologi Pendidikan Anak dalam Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Alfan, Muhammad dan Nurul Huda, 2019. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam.Yogyakarta: LKiS.
Daradjat, Zakiyah. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadjar, H. A. Malik, 2016. Pendidikan Agama dan Pembangunan Karakter Bangsa. Yogyakarta: LkiS.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2017. Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud.
Madjid, Nurcholish.2018. Pendidikan Islam: Memahami Pendidikan sebagai Proses Transformasi. Jakarta: Paramadina
Nata, Abuddin.2016. Perspektif Islam tentang Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Nugroho, R. & Ainiyah, N., “Dampak Psikologis Bullying terhadap Anak Usia Sekolah Dasar,” Jurnal Psikologi Islam dan Pendidikan Karakter, vol. 6, no. 2 (2021): hlm. 144–158.
Sugiyono, 2022. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Berbasis Keadilan Sosial dan Inklusivitas. Bandung: Alfabeta
Suriani,2024. “Kolaborasi Guru PAI dalam Mengatasi Perilaku Bullying,” Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 2 (2) (2024): 309–317
Tafsir, Ahmad. 2021. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuhriyah, Aminata et al. 2023. “Dampak Jangka Panjang Bullying di Masa Sekolah Dasar terhadap Kesehatan Mental Anak,” Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, Vol. 5 No. 2








