EFIKASI UNTUK MEMBANGUN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENA BANGSA UNARS SITUBONDO
Abstract
Universitas Abdurachman Saleh (UNARS) Situbondo merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di kabupaten Situbondo. UNARS merupakan perguruan tinggi yang dirintis oleh Bapak Bupati situbondo (Pak Tasrip) pada tahun 1981. Secara geografis, UNARS memiliki posisi yang strategis dan mudah diakses oleh mahasiswa karena berada di tengah kota Situbondo. UNARS telah menjalin kerjasama bersama Yayasan Dana Sosial Al Falah dalam berbagai hal yang relefan salah satunya dalam hal program beasiswa bagi mahasiswa tahfidz yang dikenal dengan mahasiswa pena bangsa. Program Pena Bangsa ini memberikan kewajiban pada mahasiswa untuk rutin setoran hafalan al qur’an. Program ini hanya bisa didapatkan oleh mahasiwa yang memang meliki hafalan al qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena data yang dikumpulkan melalui, observasi, kuisioner dan wawancara bersifat kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan studi tentang menemukan dan mencari makna dan pemahaman fenomena dalam konteks tertentu dengan menggunakan pendekatan naturalistik. Sehingga, data dalam penelitian ini bersifat naturalistik, dan laporannya bersifat deskriptif. Ada beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 aspek yang dapat mendorong efikasi diri mahasiswa pada penyelenggaraan pembelajaran hafalan al qur’an, diantaranya adalah: 1) Budaya kampus, 2) Perilaku/sikap mahasiswa, 3) Kompetensi mahasiswa, 4) Partisipasi dan kolaborasi. Kerjasama antara mahasiswa dengan ustadzah penerima setoran hafala al qur’an secara berkesinambungan dapat membangun efikasi diri mahasiswa dalam membangun motivasi dan prestasi belajar mahasiswa, baik akademik maupun non akademik.
References
Lianto (2019). "Self-Efficacy: A brief literature review". Jurnal Manajemen Motivasi. 15 (2): 55–61. doi:10.29406/jmm.v15i2.1409
Albert., Bandura, ([ca. 1995]). Social foundations of thought and action : a social cognitive theory. Prenctice Hall. ISBN 0-13-815614-X. OCLC 783975129
Hara Permana, et al. 2016. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada siwa Kelas IX di MTS Al-Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah.
Bandura, Albert. 2006. Self-Efficacy Beliefs of Adolescents. New York: W. H. Freeman Company.
Rustika, I. M. 2012. Efikasi diri tinjauan teori albert bandura. Buletin Psikologi. 20(1-2), 18-25.
Astuti, Rini & Wiliam Gunawan. Sources of Career Self-Efficacy on Adolescents.
Jurnal Psikogenesis. Vol 4, No 2, Desember 2016.
Nuzulia, Siti. 2010. Dinamika Stress Kerja, Self Efficacy dan Strategi Coping. Semarang.Penerbit UNDIP.
Effendi, Mohammad Hadi Firman, 2013, Pengaruh Personal Knowledge, Job Procedure, Dan Technology (Knowledge Management) Terhadap
Kinerja Pegawai Pada PT. PLN (Persero) area Gresik. Unversitas Muhammadiyah Gresik.
Niu, Han Jen. 2010. Investigating the effect of self efficacy on food service industry employees career comitment. International journal of management, 29,pp; 740-743
Stipek. Dj.et.al. 2001. Teacher beliefs and practice related to mathematics instruction (Versi elektronik) teaching and teacher education. 17, 213, 226
Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak (Edisi Kesebelas): Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Creswell, John W, 2014, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta, Pustaka Pelajar








