REKONTRUKSI SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS WEBSITE DI KANTOR KECAMATAN ASEMBAGUS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Merekonstruksi website Kecamatan Asembagus, Mengaplikasikan pendekatan waterfall sehingga tingkat kemudahan akses dan responsibilitas serta kelengkapan informasinya menjadi lebih baik. Menganalisis kondisi website kecamatan asembagus sebelum dan sesudah rekonstruksi dengan teknik analisis perbandingan Pendekatan yang diterapkan dalam perluasan sistem ini yakni pendekatan waterfall. Pendekatan waterfall yakni pendekatan yang umumnya diaplikasikan oleh analis sistem. Inti dari pendekatan ini yakni pelaksanaan tiap fase sistem secara berurutan atau linear. Dengan demikian, jika fase pertama belum dilaksanakan, maka pengerjaan fase berikutnya tidak mampu diimplementasikan, Hasil analisis yang diimplementasikan dalam studi ini mengaplikasikan pendekatan observasi. Observasi ini bertujuan guna mengidentifikasi fakta-fakta yang ada di lapangan, sehingga mampu membantu peneliti dalam memahami keinginan pengguna yang kemudian akan dianalisis. Selain itu, krusial juga guna mempertimbangkan sejumlah aspek yang mendorong dalam rekonstruksi aplikasi, misalnya tampilan, sistem, dan informasi public services serta keinginan fungsionalnya. Keinginan fungsional meliputi fitur - fitur atau layanan yang perlu tersedia dalam sistem informasi pelayanan publik berbasis website. Sistem perlu mengadakan layanan informasi public services yang meliputi permohonan administrasi, misalnya pembuatan KTP, KK, akta kelahiran, surat keterangan domisili, dan layanan lainnya, serta berpotensi pengguna guna mengunduh formulir
References
Badrus, M. (2018). Pengaruh Motivasi Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama.
Sutrisno, A., Razak, F., & Andi Matappa, S. (2024). Peningkatan Keterampilan Guru PAUD Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powerpoint. IPMAS, 4(1). https://doi.org/10.30605/ipmas.4.1.2024.468
Huda, M. (2022). Analisis Faktor Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 1. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2083
Insani, S. N. (2021). Pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial.
Priyambodo, P. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru (Vol. 2, Issue 1).
Rahmawati, Nuryadin, A., & Irwan, A. (2023). Pengaruh Kedisiplinan, Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri Wilayah III Kecamatan Mambi di Sulawesi Barat. 3(1).
Rahmin, N. (2021). Analisis Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Bonggakaradeng Tana Toraja.
Risman, Hajar, I., & Nur, M. (2024). Pengaruh Supervisi, Motivasi Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Unaaha. 5(5), p-ISSN.
Rohman, H. (2020). Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Keguruan PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Madinasika Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Sari, N. R., & Yulhendri. (2020). Maret 2020 Pengaruh Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran dan Intesitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 5 Padang Pada Mata Pelajaram Ekonomi Tahun Ajaran. EcoGen, 3(1), 61–73. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index
Sonedi, Sholihah, T., & Dihasbi. (2018). peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. 18(1).
Sulaeman. (2018). Pengaruh Motivasi dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto.
Ulum, M. B., Sarwoko, E., & Yuniarianto, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru: Peran Mediasi Motivasi Kerja. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3, 299–307. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/
Zein, N., Santin Permatasari, N., Tuanany, J., Nasikhah, W. R., Sobri, A. Y., & Ubaidillah, A. F. (2024). Proceedings Series of Educational Studies Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Kegiatan Seminar Pendidikan.








