KONSEP PENGAYAAN BERBASIS LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA TINDAK LANJUT EVALUASI PEMBELAJARAN

  • Septi Nurhayati Universitas Amikom Purwokerto
  • Yurita Erviana UNSIQ Wonosobo
  • Dini Riandini Universitas Amikom Purwokerto

Abstract

Pengayaan berbasis literasi digital sangat penting dalam pembelajaran untuk mengikuti perkembangan teknologi saat ini, dengan memanfaatkan teknologi digital diharapkan peserta didik dapat mengimplementasikan dan mengikuti perkembangan teknologi. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui konsep pengayaan berbasis literasi digital sebagai sebuah upaya tindak lanjut dari evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian yang diperoleh dengan prosedur penelitian kualitatif ini berupa kata-kata yang tertulis dan interpretasi dari perilaku seseorang yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pengayaan berbasis literasi digital memiliki tujuan meningkatkan wawasan dan kemampuan peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar.

Published
2025-07-06
How to Cite
NURHAYATI, Septi; ERVIANA, Yurita; RIANDINI, Dini. KONSEP PENGAYAAN BERBASIS LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA TINDAK LANJUT EVALUASI PEMBELAJARAN. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 995-1005, july 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6664>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i2.6664.