KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru kelas 1 dalam melaksanakan pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa kesulitan pada tahap perencanaan, seperti menyusun modul ajar terpadu yang sesuai dan keterbatasan waktu serta sumber referensi. Pada tahap pelaksanaan, guru mengalami kendala dalam mengelola kelas, kurangnya keterlibatan aktif siswa, keterbatasan media pembelajaran, dan kesulitan mengaitkan materi dengan pengalaman nyata siswa. Selain itu, pada tahap evaluasi, guru kesulitan menerapkan penilaian autentik yang menilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara berkelanjutan sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Kesulitan administrasi dan keterbatasan waktu menghambat proses evaluasi yang optimal. Untuk mengatasi kendala tersebut, disarankan adanya pelatihan dan pendampingan bagi guru, peningkatan sumber daya pembelajaran, serta penerapan metode yang lebih efektif dan kontekstual agar pembelajaran tematik dapat berjalan optimal dan mendukung perkembangan siswa secara menyeluruh.
Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Kurikulum Merdeka, Kendala Guru
References
Anggraini, S. A., Mashari, A., Tohir, A., & Agung, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Tunas Bangsa, 1(1), 9–12.
Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas IV SD Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6460–6477.
Azzahra, M., & Amaliyah, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 851–859.
Brilyan, S., Rayendra, R., Syafril, S., & Masnur, A. (2025). Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Pariangan. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 6(3), 2869–2887.
Dewi, S. E. K., Pertiwi, R. P., Supangat, S., Ni’am, A. U., & Rahmawati, D. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. IBTIDA’, 4(01), 41–50.
Fernanda, S. A., Fernica, V. O., & Pratama, M. B. (2025). Penerapan Evaluasi Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(5), 334–340.
Ikhsani, S. R., Tangawunisma, A., Sholeha, A., Divanka, P., & Setiabudi, D. I. (2023). Karakteristik Pembelajaran Tematik Yang Ideal Pada Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 290–295.
Jelita, A., & Putra, E. D. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 429–442.
Putri, B. A., Prananda, H., & Mentari, S. C. (2025). Strategi Evaluasi Kinerja Guru Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Dasar. CARONG: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 169–179.
Satria, D., Kusasih, I. H., & Gusmaneli, G. (2025). Analisis Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Saat Ini: Suatu Kajian Literatur. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 292–309.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887.
Umam, F. B., Jannah, F. R., & Hidayat, T. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Integratif Untuk Peningkatan Literasi Dan Numerasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di MI Ma’arif Trikarso Kabupaten Kebumen. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 7(01), 220–232.
Utami, N., & Ramadan, Z. H. (2024). Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 919–926.
Wahab, D. A. S., Ulya, N. M., & Susilawati, S. (2025). Aplikasi Prinsip Pembelajaran Tematik Penggalian Tema, Pengelolaan Pembelajaran, Evaluasi, Dan Reaksi. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 959–973.








