PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IX MTS SARJI AR-RASYID
Abstract
Penelitian ini salah satu tujuan yang paling utama yaitu peningkatan sikap nasionalisme di kalangan siswa, mengingat hasil observasi siswa saling acuh terhadap temannya dalam hal ini jika di dalam kelas atau di luar kelas acuh terhadap temannya dan sulit berkolaborasi dengan baik antar teman.Nilai-nilai luhur ini harus lebih tingkatkan lagi selain pengajaran sekolah juga penting. Pada penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kelas IX MTs Sarji Ar Rasyid. Penelitian ini merupakan penelitian pengumpulan data, dimana dalam penilaiannya dalam bentuk berupa teks, kata-kata, simbol gambar, walaupun demikian juga dapat dimungkinkan terkumpulnya data-data yang bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini kami arahkan pada pengkajian suatu kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas dengan menggunakan kata-kata, pola dan metode dalam meningkatkan sikap nasionalisme dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning serta hambatan-hambatan yang ditemukan dalam meningkatkan sikap nasionalisme. Penelitian ini merupakan studi kelas dari fenomena yang cukup kompleks di kelas. Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan makan dapat ditarik kesimpulan sebuah kesimpulan yaitu dengan model problem based learning dapat meningkatkan sikap nasionalisme pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
References
Alfabeta,B. (2016). coverMETODEPENELITIANKUANTITATIFKUALITATIFDANRD.
Alfaruqy, M. Z., & Masykur, A. M. (2014). MEMAKNAI NASIONALISME Studi Kualitatif Fenomenologis pada Presiden Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Aman. (2014). INDONESIA: DARI KOLONIALISME SAMPAI NASIONALISME.
Andara, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Semangat Nasionalisme Melalui Pembelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar.
Badaruddin, S., & Tinggi Agama Islam Negeri Majene, S. (2019). Penanaman Semangat Nasionalisme pada Siswa (Studi pada SMP Negeri di Kabupaten PENANAMAN SEMANGAT NASIONALISME PADA SISWA (Studi pada SMP Negeri di Kabupaten Jeneponto).
Darmayati, O., Suntoro, I., & Yanzi, H. (2015). PENGARUH BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA.
DJ, N., & Jumardi, J. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341–8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775
Elva, N., & Sumiati, C. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis TPACK di Kelas V SDN 07 Pandam Gadang.
Emelia Do Berra. (2018). MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI 08 REJANG LEBONG SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Syarat-syarat.
EP Puspitasari. (2021). Perpus Etik Putri Puspitasari 210617223.
Famili, R. (2022). GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Mari Melaksanakan Salat Wajib Lima Waktu. 2, 2022. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Fitriani, N. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pentingnya Pembelajaran Pkn dalam Membentuk Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar.
Hafnidar Hafnidar, Maya Karina, & Cut Meurah Hadiah. (2021). Pengembangan Alat Ukur Sikap Nasionalisme pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 43–51. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.528
Hasna, S., Firdaus, A. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembelajaran Pkn. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4970–4979. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1570
Humaira Handayani, R. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar.
Ilmiah, J., Paud, C., Pendidikan, J., Anak, P., Dini, U., & Nurpatimah, A. (2022). Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Anak Usia Dini.
Kaharu, F. (2021). Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 507. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.507-522.2021
S Abdulatif. (2021). PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR SISWA.








