INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENDUKUNG MANAJEMEN PERILAKU DAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK PAUD INKLUSIF

  • Pipit Rika Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ade irma Noviyanti Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nury Kurnia Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Penilitian ini membahas integrasi teknologi digital dalam pembelajaran bahasa Inggris serta manajemen perilaku anak di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) inklusif di Indonesia. Dengan semakin berkembangnya teknologi, pemanfaatan alat digital dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, khususnya dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak dengan beragam kebutuhan. Selain itu, teknologi juga dapat mendukung pengelolaan perilaku anak, membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan sosial-emosional anak. Penelitian ini menganalisis penerapan teknologi digital seperti aplikasi interaktif, media pembelajaran berbasis video, dan alat bantu komunikasi visual dalam mengatasi tantangan yang dihadapi oleh pendidik dalam manajemen perilaku dan pengajaran bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi ini memberikan dampak positif dalam peningkatan motivasi belajar, keterlibatan anak, serta pengelolaan perilaku yang lebih efektif dalam kelas inklusif.

References

Adisti, A. R., Yuliasri, I., Hartono, R., & Fitriati, S. W. (2022). Pengembangan Literasi Digital Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini dalam Menyambut Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1).
Azizah, N., & Hendriani, W. (2022). Implementasi Penggunaan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Inklusi di Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2).
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Effendi, M., Juhardi, M. S. A., & Zainuddin. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris di PAUD: Pendampingan Guru melalui Pemanfaatan Mainan Edukasi Berbasis Teknologi. Dedikasi Sains dan Teknologi (DST), 4(2).
Flewitt, R., et al. (2024). Digital tech can offer rich opportunities for child development, study says. The Guardian.
Istiana, Y., & Widodo, M. (2024). A Systematic Review of Technology Integration in Early Childhood Education. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 4(1), 1–15.
Mah, G. H., Hu, X., & Yang, W. (2021). Digital technology use and early reading abilities among bilingual children in Singapore. Journal of Early Childhood Literacy, 21(1), 3–25.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage.
Nasution, C. A., Ramadani, E., Zahra, K. L., Ardila, S., & Anggraini, E. S. (2023). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Paud: Dampaknya Terhadap Perkembangan Kognitif, Sosial, Dan Emosional Anak. Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1).
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods (3rd ed.). Sage Publications.
Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya. (2025). Peran Teknologi dalam Pendidikan Luar Biasa: Jembatan Menuju Kesetaraan. Retrieved from https://plb.fip.unesa.ac.id/post/peran-teknologi-dalam-pendidikan-luar-biasa-jembatan-menuju-kesetaraanplb.fip.unesa.ac.id
Rose, D. H., & Meyer, A. (2002). Teaching Every Student in the Digital Age: Universal Design for Learning. ASCD.
Tusino, T., Rokhayati, T., & Basuki, B. (2023). Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru PAUD. Surya Abdimas, 6(1).
Ulwiyah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi ‘English For Kids’ untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 82–90.
Wulandari, P., Rahmawati, D., Qibthiyah, M., & Setiawan, K. (2023). Implementasi Media Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di PAUD BKB Harapan Mulya. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 8(2)
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. Sage Publications.
Published
2025-05-15
How to Cite
WIJAYA, Pipit Rika; NOVIYANTI, Ade irma; KURNIA, Nury. INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENDUKUNG MANAJEMEN PERILAKU DAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK PAUD INKLUSIF. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 814-824, may 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6361>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i2.6361.