MANAJEMEN PERILAKU DALAM PENDIDIKAN INKLUSI: ISU, TANTANGAN, DAN SOLUSI BAGI GURU DAN SISWA

  • Partiwi Ngayuningtyas Adi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Octalia Pramurdiasti Universitas Negeri Surabaya
  • Vivin Komalia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam manajemen perilaku dalam konteks pendidikan inklusi, khususnya pada lembaga PAUD inklusi di Provinsi Jawa Timur. Fokus penelitian mencakup identifikasi isu-isu perilaku yang muncul di kelas inklusi, tantangan yang dihadapi guru dalam menanganinya, serta solusi atau strategi yang telah diimplementasikan. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isu perilaku yang sering muncul meliputi tantrum, agresivitas, perilaku repetitif, dan kesulitan regulasi emosi pada siswa. Guru menghadapi tantangan signifikan, seperti kurangnya pelatihan khusus, keterbatasan dukungan profesional, serta minimnya kolaborasi dengan orang tua. Untuk mengatasi hal tersebut, guru menerapkan berbagai strategi manajemen perilaku, seperti pendekatan penguatan positif, penyusunan Rencana Perilaku Individual (RPI) secara kolaboratif, integrasi program Pembelajaran Sosial-Emosional (SEL), serta partisipasi dalam pelatihan profesional. Strategi-strategi tersebut terbukti efektif dalam mereduksi perilaku bermasalah dan meningkatkan iklim kelas yang inklusif. Keberhasilan intervensi sangat ditentukan oleh konsistensi, kolaborasi lintas pihak, serta komitmen sekolah dalam membangun sistem pendukung berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan bahwa manajemen perilaku bukan hanya soal kendali, tetapi bagian integral dari praktik pedagogis inklusif yang menghargai keragaman dan memberdayakan semua peserta didik.

References

Adioetomo, S. M., Mont, D., & Irwanto. (2014). Persons with Disabilities in Indonesia: Empirical Facts and Implications for Social Protection Policies. Jakarta: Lembaga Demografi, Universitas Indonesia.
Ainscow, M., Booth, T., & Dyson, A. (2006). Improving schools, developing inclusion. Routledge.
Artiles, A. J., Kozleski, E. B., & Waitoller, F. R. (Eds.). (2011). Inclusive education: Examining equity on global and comparative perspectives. Harvard Education Press.
Avramidis, E., & Norwich, B. (2002). Teachers' attitudes towards integration/inclusion: A review of the literature. European Journal of Special Needs Education, 17(2), 129-147.
Charles, C. M. (2011). Building Classroom Discipline (10th ed.). Pearson.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus. (2020). Profil Pendidikan Inklusif di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Effendi, M., & Zubaidah, E. (2017). Attitudes of General Education Teachers toward Inclusion in Indonesia. International Journal of Special Education, 32(3), 538–550.
Florian, L., & Beaton, M. (2018). Inclusive pedagogy in action: getting it right for every child. International Journal of Inclusive Education, 22(8), 870–884
Friend, M. (2014). Special Education: Contemporary Perspectives for School Professionals (4th ed.). Pearson.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Sage.
Loreman, T., Deppeler, J., & Harvey, D. (2010). Inclusive Education: Supporting Diversity in the Classroom (2nd ed.). Routledge.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Patton, M. Q. (1990). Qualitative Evaluation and Research Methods (2nd ed.). Sage.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational behavior (17th ed.). Pearson.
Sharma, U., Forlin, C., & Loreman, T. (2008). Impact of training on pre-service teachers’ attitudes and concerns about inclusive education and sentiments about persons with disabilities. Disability & Society, 23(7), 773-785.
Skinner, B. F. (1953). Science and Human Behavior. Macmillan.
Stake, R. E. (1995). The Art of Case Study Research. Sage.
Sugai, G., & Horner, R. H. (2002). The evolution of discipline practices: School-wide positive behavior supports. Child and Family Behavior Therapy, 24(1-2), 23–50.
Turnbull, A., Turnbull, R., Wehmeyer, M. L., & Shogren, K. A. (2011). Exceptional Lives: Special Education in Today's Schools (7th ed.). Pearson.
UNESCO. (1994). The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education. UNESCO Publishing.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Sage.
Published
2025-05-06
How to Cite
NGAYUNINGTYAS ADI, Partiwi; PRAMURDIASTI, Octalia; KOMALIA, Vivin. MANAJEMEN PERILAKU DALAM PENDIDIKAN INKLUSI: ISU, TANTANGAN, DAN SOLUSI BAGI GURU DAN SISWA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 784-800, may 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6332>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i2.6332.