PELAKSANAAN KEGIATAN PAPPER QUILLING UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B RA MIFTAHURRAHMAN DESA KEMBANGSARI JATIBANTENG SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan berlandaskan motoric halus diberbagai sekolah kurang berkembang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran berbagai pihak di tk dalam meningkatkan motoric halus. penelitian ini menggunakan metode kualitatif di kelompok B RA miftahurrahman desa kembangsari jatibanteng situbondo. Berdasarkan hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa RA miftahurrahman desa kembangsari jatibanteng situbondo telah mengimplementasikan metode Papper Quilling secara sistematis dan komprehensif untuk menanamkan dan meningkatkan motoric halus pada anak usia dini. Pendekatan yang digunakan mencakup keteladanan, konsistensi, penguatan positif, dan kolaborasi dengan orangtua. Metode desa kembangsari jatibanteng situbondo telah mengimplementasikan metode Papper ini diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran dan aktivitas harian dengan berlandaskan pada nilai-nilai Islam. Berdasarkan hasil paparan data penelitian yang dihasilkan dari observasi dan Hasil wawancara ini menunjukkan bahwa kegiatan paper quilling di RA Miaftahurrahman sangat berkontribusi pada perkembangan motorik halus, kreativitas, dan keterampilan sosial anak-anak usia dini, dengan pendekatan yang menyenangkan dan berbasis pada pengalaman langsung.
References
Andi Wapa dkk. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DILEMBAGA PENDIDIKAN : STUDI LITERATUR. CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling p-ISSN :[2775-9465] e-ISSN :[2776-1223], 3(3), 63–77.
Apriliana, N., & Fitri, N. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DALAM BERCERITA MELALUI METODE TANYA JAWAB USIA 2-4 TAHUN PENDAHULUAN Pendidikan tidak lepas dari anak-anak , karena mereka merupakan masa depan kita semua , pengganti kita di masa depan . Pendidikan anak usia d. 2(2), 199–209.
Destrianjasari, S., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Pengertian, Teori Dan Konsep, Ruang Lingkup Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2).
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226
Hasbin, H., Taib, B., & Arfa, U. (2021). Analisis Kegiatan Meronce Menggunakan Tutup Botol Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 77–89. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2168
Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kualitatif (2018th ed.).
Sugiyono. (2018b). Penelitian Kuantitatif (p. 432). Alfabeta.
Wapa, A. (2020). Influence of Creative Problem Solving To Study Result Social Sciences Study As Reviewed From the Multicultural Attitude of Students Class V Elementary South Kuta. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(2), 160. https://doi.org/10.22460/pej.v4i2.1774
Wapa, A. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL DESCOVERY LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL THK KELAS X. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Http://Jurnal.Stkippersada.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/JPE JURKAMI Volume 8, Nomor 3, 2023, 3(2), 79–92.
Wapa, A., Zahro, A. F., & Haya, H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran TALINTAR Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Bersusun Siswa Kelas IV SD Negeri Pujerbaru 2 Kecamatan Maesan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 7(1), 55–61. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/view/9060%0Ahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/download/9060/4369
Yohanes Suahrdin. (2007). Peranan Hukum dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat. In Jurnal Hukum Pro Jutistia (Vol. 25, Issue 3, pp. 270–282).
Zahroh, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Elektrokimia. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 191–203. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.2.4283