IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN EDUCAPLAY DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI BUNDER II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran interaktif Educaplay dalam pembelajaran IPAS di kelas 4 SD Negeri Bunder 2. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Educaplay secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Siswa lebih aktif dalam diskusi, antusias dalam menjawab pertanyaan, serta lebih mudah memahami konsep-konsep IPAS yang bersifat abstrak. Selain itu, suasana kelas menjadi lebih interaktif dan menyenangkan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Namun, ditemukan beberapa kendala dalam implementasi, seperti keterbatasan perangkat serta kesiapan guru dalam mengelola teknologi digital. Oleh karena itu, optimalisasi penggunaan Educaplay memerlukan dukungan infrastruktur yang memadai serta pelatihan bagi guru. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa Educaplay dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar, asalkan didukung dengan kesiapan teknologi dan kompetensi pendidik yang memadai.
References
Ichsan, R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. (2021). Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021) Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian | 183 MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Kurniawan, A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Canva terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. 4, 179–187.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed., Vol. 11, Issue 1). SAGE Publications, inc.
Rahayu, S. D., Dayu, D. P. K., Rosniwaty, Khoiroh, H., & Moeljaningsih, W. (2024). Penerapan Game Based Learning Educaplay untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Pembelajaran IPAS Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10, 511–519. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.4069
Rizkiani, W., Nurhasanah, & Nuhasanah. (2025). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Educaplay untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd), 6(2). https://doi.org/10.29303/geoscienceed.v6i2.690
Selfiyanti, Yuliastuti, & Razak, N. K. (2024). CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Peserta didik pada Materi Enam Benua di Kelas VI SD dengan Penerapan Platform Pembelajaran Interaktif Educaplay Pendahuluan. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4850
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tarigan, T. B., Arifin, M., & Matematika, H. B. (2025). MEDIA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II DI SD NEGERI 064974 MEDAN TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2024 / 2025. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 15792–15801. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36849