IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE 3D ASSEMBLR EDU PADA MATERI TATA SURYA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 6 DI SDN BUNDER 2

  • Zulfikar Januarga Ramli STKIP PGRI SUMENEP
  • Tri Sukitman STKIP PGRI SUMENEP
  • Zainuddin Zainuddin STKIP PGRI SUMENEP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis website 3D Assemblr Edu pada materi tata surya di kelas 6 SDN Bunder 2. Latar belakang penelitian ini adalah tantangan dalam pembelajaran materi tata surya yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Media pembelajaran konvensional seperti buku teks dan gambar statis dinilai kurang efektif dalam membantu siswa memahami konsep-konsep tata surya. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan media pembelajaran 3D Assemblr Edu yang memungkinkan siswa untuk melihat dan berinteraksi dengan model 3D secara interaktif, termasuk fitur Augmented Reality (AR). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 6 dan guru mata pelajaran IPAS di SDN Bunder 2. Setiap kelompok siswa diperbolehkan menggunakan satu handphone untuk mengakses platform Assemblr Edu, sehingga siswa dapat berkolaborasi dalam menggunakan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media pembelajaran 3D Assemblr Edu memberikan dampak positif terhadap pemahaman dan motivasi belajar siswa. Siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam memahami konsep-konsep tata surya, seperti posisi planet, orbit, dan karakteristik benda langit. Selain itu, siswa juga lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran, serta menunjukkan kreativitas dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan keterampilan guru dalam menggunakan platform tersebut. Solusi yang diterapkan meliputi peningkatan infrastruktur, pelatihan guru, dan pendampingan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran berbasis website 3D Assemblr Edu efektif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa pada materi tata surya. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi sekolah dan guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, serta meningkatkan infrastruktur dan keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif di masa depan

References

Hariyono. (2023). Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Kata kunci. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Mea Firmina. (2024). PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KREATIVITAS DAN INOVASI GURU DALAM MENCIPTAKAN KELAS YANG DINAMIS. In Inculco Journal of Christian Education (Vol. 4, Issue 3). https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/j
Muliyani Sri. (2023). Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Kelas.
Mursyidah dan Erwin Rahayu Saputra, D., Mursyidah, D., & Rahayu Saputra, E. (2022). Aplikasi Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Pengenalan Bangun Ruang bagi Siswa Sekolah Dasar.
Najib, M., Syawaluddin, A., Raihan, S., & Abstrak, A. I. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sistem Tata Surya Berbasis Literasi Sains untuk Siswa SD (Vol. 1, Issue 1). http://www.jurnal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek
Rahayu Widyawati, E. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.667
Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa.
Setya Pinton Mustafa. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PENDIDIKAN OLAHRAGA.
Sutriani E., & Octaviani R. (2019). ANALISIS DATA DAN PENGECEKAN KEABSAHAN DATA.
Adrianto Sopan, (2022), Menagapa Media Pembelajaran itu Penting, Hal 15, Bekasi - Jawa Barat, Aranca Pratama
Rukin (2019), Metodologi Penelitian Kualitatif, Hal 21, Takalar – Sulawesi Selatan, Ahmar Cendekia Indonesia
Handoko Y., Arif H,W., Lestari A., (2024), Metode Penelitian Kualitatif, Hal 76, Jl. Kenali Jaya No.166 Kota Jambi 36129, Sonpedia Publishing Indonesia.
Published
2025-03-20
How to Cite
RAMLI, Zulfikar Januarga; SUKITMAN, Tri; ZAINUDDIN, Zainuddin. IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE 3D ASSEMBLR EDU PADA MATERI TATA SURYA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 6 DI SDN BUNDER 2. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 699-709, mar. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6235>. Date accessed: 01 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.6235.
Section
Articles