HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK

  • Alika Istiqomah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Robbiattul Hadawiah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Arif Sahin Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Tiara Ananda Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Mariana BR Tampubolon Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Nabila Soraya Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Lilo Admadi Pamungkas Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu dorongan baik internal maupun eksternal pada siswa-siswi yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan di dalam dirinya. Prestasi belajar adalah hasil dari suatu kegiatan pembelajaran dengan perubahan yang dicapai seseorang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian adalah korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah 98 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat Hubungan yang Signifikansi Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar siswa.

References

Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi. Jurnal Formatif, 5(2), 120–133.
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336
Dimyati, D. (2003). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta. Gordon Dryden & Jeannette Vos.
Dinda Utami, N. (2019). the Influence of Discipline and Motivation on Students’ Learning Achievement of the Faculty of Economics and Business Class of 2019 Muhammadiyah University of Palopo.
Hamdi, S., & Abadi, A. M. (2014). Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa Pgsd Stkip-H Dan Pgmi Iaih. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 77. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2666
Hidayat, M. T., & Rozali, Y. A. (2015). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Perilaku Menyontek Saat Ujian Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 13(1), 1–5.
Maros, H., & Juniar, S. (2016). Hubungan Media Gambar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Bidang PAI di SDN 014 Kecamatan Sukajadi. Hubungan Media Gambar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Bidang PAI Di SDN 014 Kecamatan Sukajadi, 1–23.
Sardiman, A. M. (2019). Interaksi dan motivasi belajar mengajar.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi,. Jakarta: Renika Cipta.
Sugiyono. (2018). Bab Iii (3). Metodologi Penelitian, 102.
Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo, 82.
Unique, A. (2016).No Title No Title No Title, (0), 1–23.
Uno, H. B. (2019). Mengungkapkan Ada Beberapa Bentuk Dan Cara Untuk Menumbuhkan Motivasi Dalam Kegiatan Belajar Di Sekolah, 4, 9–32.
Yahya, M. (2016). Latar Belakang Masalah Pariwisata, 1–23.
Published
2025-03-27
How to Cite
ISTIQOMAH, Alika et al. HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 731-736, mar. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6176>. Date accessed: 01 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.6176.
Section
Articles