PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI UPTD NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  • Frisna Zendrato Universitas Nias
  • Asali Lase Universitas Nias
  • Eka Septianti Laoli Universitas Nias
  • Wahyutra Adilman Telaumbanua Universitas Nias

Abstract

Masih rendahnya pendidikan karakter di sekolah dan akhlak peserta didik masih dikategorikan kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya Pendidikan karakter Terhadap Akhlak Peserta Didik UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deksriptif.. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata Pendidikan karakter siswa 73,9 dan rata-rata nilai akhlak peserta didik 70,39. Data Pendidikan karakter berdistibusi normal dengan (D_h=01024,)<(D_t  =0,254) demikian juga dengan data akhlak peserta didik dapat dinyatakan berdistribusi normal dengan (D_h=0,127)<(D_t  =0,254) dan  F_hitung=1,79, dengan nilai F_tabel=5,05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh t_hitung  3,86 lebih besar dari t_tabel  1,708, ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan Pendidikan karakter terhadap akhlak peserta didik.

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Azhari, M. T., Al Fajri Bahri, M. P., Asrul, M. S., & Rafida, T. (2023). Metode penelitian kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Balaka, M. Y. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif.
Ependi, N. H., Pratiwi, D., Ningsih, A. M., Kamilah, A., Wijayanto, P. W., Dermawan, H., Hutapea, B., Yusuf, M., Alamsyah, T., & Efendi, S. (2023). Pendidikan Karakter. Sada Kurnia Pustaka.
Fatimatuzzahro, F., Lestari, M. A., Amirah, F. S., Wahyuningsi, W., & Hermawan, T. (2024). Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pandangan HOS Tjokroaminoto. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(1), 1–10.
Fidya, D., & Irman, I. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Bimbingan Dan Konseling Islam. Guiding World: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 76–84.
Fitrianingtyas, A., & Jumiatmoko, J. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Era Digital. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 336–346.
Janna, N. M. (2020). Variabel dan skala pengukuran statistik.
Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J. F., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2024). Pendidikan Karakter Gen Z Di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah khususnya SMA/SMK di zaman serba digital. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Rahmah, A. A., Roliah, A., & Rifki, M. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter di Kalangan Mahasiswa. BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2).
Rosadi, A. F., Nurhalizah, F., Kusumawardani, S., & Marini, A. (2023). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas 2 SD BERBASIS Digital Storytelling: Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas 2 SD Berbasis Digital Storytelling. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 413–420.
Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif. Uki Press.
Susilawati, D. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan.
Published
2025-03-07
How to Cite
ZENDRATO, Frisna et al. PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI UPTD NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 656-664, mar. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6170>. Date accessed: 13 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.6170.
Section
Articles