IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE AT-TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SD AL-ISHLAH REJENI SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya kekhawatiran para Orang tua akan Pendidikan Al-Quran terutama kemampuan membaca pada anak-anaknya pada tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode At-Tahsin yang dilakukan di SD Al-Ishlah Rejeni Sidoarjo dan bisa membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berisi data deskripsi dari hasil observasi dan wawancara tentang penerapan pembelajaran Al-Quran menggunakan metode At-Tahsin dan untuk meniungkatkan kemampuan membaca siswa-siswi di SD-Al-Ishlah Rejeni Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode At-Tahsin dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Guru melakukan Langkah-langkah dan tahapan sesuai dengan metode tersebut yaitu: mulai dari buku At-Tahsin Jilid 1. Guru mengajarkan siswa didalam satu kelas dan kadang secara individu atau satu persatu, karena dalam fase ini siswa masih dalam tahap pengenalan huruf dan pengucapannya, mempelajari tajwid untuk bacaan jelas dan samar seperti Idghom dan Idhar. dilanjutkan dengan jilid 2. Materi yang diajarkan adalah tentang hukum bacaan tajwid Panjang pendek, dan mendengung, atau mad, ghunnah Ikhfa’ dan sebagainya. Dalam fase ini siswa sudah mulai belajar membaca Al-Quran pada juz 30. Langkah mengajar yang digunakan adalah kelassikal atau pembelajaran secara masal dalam satu kelas. fase selanjtnya atau jilid 3 materi yang diajarkan meliputi hukum-hukum membaca basmallah, tanda-tanda waqaf, washal, bacaan imalah, dan lain sebagainya. Langkah mengajar yang digunakan adalah Kelassikal Baca Simak (KBS).
References
Ashadiqi, M. H., Erlansari, A., & Farady, F. (2020). Aplikasi Pembelajaran Tajwid Berbasis Android. Jurnal Rekursif, 8(1), 59–70.
El-Yunusi, M. Y. M., Irawan, A. I., Safitri, S. M., & Noviyanti, D. V. (2023). Penerapan Bahan Ajar PAI Berbasis Model Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Al-Azhar Menganti Gresik. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(2), 130–142.
El-Yunusi, M. Y. M., Jannah, R., Muzayyin, M. K., & Khan, A. L. (2023). Pemanfaatan Media Power Point Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pai Peserta Didik Di Upt Sd Negeri 224 Gresik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1457–1469.
Erpida, J., Anwar, A., & Hitami, M. (2022). Konsep Pendidikan Dalam Al Quran. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1), 1–12.
Fadholi, A., Nasrodin, N., & Auliya, N. (2022). Peran Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah. MUMTAZ : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 075.
Fitriani, D. I., & Hayati, F. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–31.
FITRIANINGSIH, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Makharijul Huruf Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Alqur’an di Ponpes Al-Ghurobba’ Kudus. 11–50.
Hidayat, S., Maya, R., & Sarifudin, A. (2020). Implementasi Metode At-Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Hunafa Anak Saleh dan Saleha Kecamatan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 75–87.
Husin & Muhammad Arsyad. (2020). Implementasi Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Mi Darul Falah. Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits, 16–25.
Laily, N. F., & Maesurah, S. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Dan Pemahaman Siswa Tpq Atas Pelafalan Makhorijul Huruf Dan Ilmu Tajwid Di Desa Baureno, Jatirejo, Mojokerto. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 7, 12–26.
Nurhayah, N., & Muhajir, M. (2020). Implementasi Metode Tilawati Dan Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Qathrunâ, 7(2), 41.
Oktarina, M. (2020). Faedah Mempelajari dan membaca Al-Qur'an dengan tajwid secara baik dan benar sangat dianjurkan kepada kita ummat muslim , Membaca Al- Qur ‟ an merupakan sebaik -baik zikir , yang mempunyai berbagai keistimewaan dan kelebihan dibandingkan dengan membaca. Jurnal Studi Pemikiran, Riset Dan Pengembangan Pendidikan Islam, SERAMBI TARBAWI, 8, no.2, 147–162.
Prasojo, A. D. (2019). Penggunaan Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Alquran Pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Kelas V Di Mima Iv Sukabumi Bandar Lampung Tp 2018/2019. 1–23.
Ramli, N. L., & Gunawan. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Quran pada Anak Melalui Metode Tahsin. Edumaniora : Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 1(2), 303–306.
Setiawan, T. Y. S. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 176–179.
Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal dan Metoda Pembelajaran E-Learning di Lingkungan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan
Syafriyanto, E. (2015). Implementasi Pembelajaran Pendidikana Gama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6 (November).
Ulfa, R. A. (2020). Implementasi Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Merandung Jaya. 1.
Ulfa, S. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Di SDIT Al-Muhajirin Jakarta Utara. 3(1), 1–8.
Ulfatima, H. (2016). Implementasi Tabungan Baitullah Ib Hasanah Dan Variasi Akad Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru.