STUDY LITERATUR: STRATEGI MANAJEMEN PAUD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA

  • Rina Insani Setyowati Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Analisis strategi manajemen PAUD untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia tantangan utama yang masih dihadapi dalam implementasi strategi manajemen PAUD adalah kurangnya koordinasi antara lembaga pendidikan dan pemerintah dalam menetapkan standar mutu yang jelas. Penelitian ini membahas tentang berbagai alternatif Upaya peningkatan strategi manajemen PAUD untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian terdahulu terkait strategi manajemen PAUD dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Menurut Creswell (2014), pendekatan kualitatif memungkinkan peneliti untuk memahami secara mendalam konsep, teori, serta praktik terbaik yang telah diterapkan dalam pengelolaan PAUD. Adapun hasil study literatur Bagi Kebijakan: Pemerintah dapat mempertimbangkan peningkatan anggaran untuk pelatihan guru dan penyediaan sarana belajar. Bagi Praktik Pendidikan: Lembaga PAUD dapat menerapkan strategi holistik dengan melibatkan orang tua dan memanfaatkan teknologi.

References

Barnett, W. S. (2011). "Effectiveness of Early Educational Intervention." Science, 333(6045), 975-978.
Heckman, J. J. (2011). "The Economics of Inequality: The Value of Early Childhood Education." American Educator, 35(1), 31-35.
Hidayat, R. (2020). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 45-56.
Nugroho, T., & Putri, A. (2021). Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Perkembangan Motorik Anak. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 78-92.
OECD. (2017). "Starting Strong V: Transitions from Early Childhood Education and Care to Primary Education." OECD Publishing.
Rahmawati, D. (2021). Implementasi Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal dalam PAUD. Jurnal Pendidikan, 10(3), 112-130.
Susanto, B. (2019). Pelatihan Guru PAUD dan Dampaknya terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Guru, 7(2), 60-75.
Suyadi, R., & Ulfah, S. (2020). Metode Pembelajaran Berbasis Permainan dalam PAUD. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(4), 34-50.
Sylva, K., Melhuish, E., Sammons, P., Siraj-Blatchford, I., & Taggart, B. (2010). "Early Childhood Matters: Evidence from the Effective Pre-school and Primary Education Project." Routledge.
UNESCO. (2015). "Education for All 2000-2015: Achievements and Challenges." UNESCO Publishing.
Wijayanti, E., et al. (2022). Sertifikasi Guru PAUD dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Anak. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 9(1), 99-115.
Published
2025-02-25
How to Cite
SETYOWATI, Rina Insani. STUDY LITERATUR: STRATEGI MANAJEMEN PAUD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 648-655, feb. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6121>. Date accessed: 14 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.6121.
Section
Articles