GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU
Abstract
Penelitian ini mengkaji masalah terkait kinerja guru di salah satu SMP Negeri Kabupaten Jayapura yang belum mencapai tingkat optimal. Hal ini disebabkan oleh kepemimpinan kepala sekolah yang belum efektif, sehingga kinerja guru tidak sesuai dengan target yang diharapkan. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan transformasional seorang kepala sekolah (X) dan kinerja guru (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberadaan gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh kepala sekolah, mengevaluasi seberapa baik kinerja guru, serta menilai sejauh mana pengaruh gaya kepemimpinan tersebut terhadap kinerja para guru. Metode penelitian yang digunakan adalah survei eksplanatori, dengan pengumpulan data melalui angket skala Likert dan analisis regresi sederhana. Populasi penelitian ini terdiri dari 12 guru di SMP Negeri Kabupaten Jayapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah masuk dalam kategori efektif, sedangkan kinerja guru dalam kategori sedang. Analisis data menunjukkan pola linier, dan hipotesis yang diuji mengindikasikan adanya pengaruh positif dari gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru.
References
Approach, 3rd Edition., McGraw-Hill/Irwin, New York
Bruce, Kathleen. (2006). Principles of Public Speaking. New York : Routledge
Engkoswara dan Komariah Aan. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta Luthans, F. (2005). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya
Rahmi, Sri (2014) Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Ilustrasi dibidang Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media
Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi. Diterjemahkan oleh Tim Indeks.
Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia
Tatty, dan Deddy. (2010). Kepemimpinan Pendidikan dalam Tim Dosen Administrasi Pendidikan. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan
Umam, Khaerul. (2010). Perilaku Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uno, H.B & Lamatenggo, N. (2012). Teori kinerja dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Wibowo, S.E. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada