HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIIB SMP PGRI MUMBULSARI
Abstract
Berdasarkan Observasi dan wawancara di SMP PGRI Mumbulsari khususnya di kelas VIIB masih terdapat beberapa masalah terkait minat belajar. Diantaranya konsentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran tidak sepenuhnya maksimal, seperti halnya berbicara dengan teman sebangkunya, dan sering izin ketika pembelajaran mau di mulai hal itu membuat siswa kurang memperhatikan guru ketika mata pelajaran berlangsung di dalam kelas bahkan masih terdapat beberapa siswa yang terlambat masuk kelas sehingga tidak sepenuhnya menerima materi yang di sampaikan guru. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh dua data , yaitu data minat belajar dan prestasi akademik dengan populasi penelitian yang berjumlah 15 siswa SMP PGRI Mumbul Sari Jember. Dari analisis spss maka penelitian menghasilkan hubungan positif yang signifikan diantara minat belajar dengan prestasi akademik, hal tersebut dapat di buktikan dari hasil analisis korelasi product monent sebesar 0,491 dibandingkan dengan r tabel dengan tingkat signifikansi 5% N=50 sebesar 0,433. Jadi r hitung lebis besar dari r tabel. Menunjukkan bahwa semakin tinggi minat belajar siswa, maka semakin tinggi prestasi akademik siswa. Karena dua variabel tersebut memiliki korelasi yang cukup kuat.
References
Khodijah (2014). Haryadi Mujianto. 2019. Pemanfaatan yoube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. (Jurnal komunikasi hasil pemikiran dan penelitian : Universitas Garut).
Slameto (2013). Lusi Asmara. 2019. Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. (SPEJ)
Herry (2015). Viggita Dwianti. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kutasari di Purbalingga. (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)
Kartono (1996). Nia Surya Amiati. 2023. Peningkatan minat masyarakat dalam seni dan budaya oleh bengkel kreatif hello Indonesia (studi kasus bengkel kreatif hello Indonesia di tanggerang selatan dengan metode kualitatif). (Jurnal ilmiah wahana pendidikan : Universitas Pajajaran)
Slameto (2003). Nuruddin araniri. 2018. Kompetensi Profesional Guru Agama dalam Menumbuhkan Minata belajar siswa. (Risalah, Jurnal Pendidikan Studi Islam)
Sudirman (2003). Lusi marleni. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Soufia dan Zuchdi (2004). Kusnodo. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Eksplorasi dan minat siswa terhadap prestasi belajar Passing Bawah Bola Voli Dalam Pembelajaran penjasorkes. (Journal Of Physical Education and Sport : Universitas Negeri Semarang).
Abdul Rahman Shaleh, Muhbib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, (Jakarta : Prenada Media, 2004) 263. kajian teori minat belajar Oleh UH Hashihah (Repository.Iainkudus.2020)
Carol Sansone and Judith M. Harackiewicz, Instinsic and Extrinsic Motion; The Search for Optimal Motivation and Performance, (London: Academic Press, 2000), 311. kajian teori minat belajar Oleh UH Hashihah (Repository.Iainkudus.2020)
Rohmalina Wahab, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016), 18.
Muhammad Irham dan Novan Ardy Wiyani, Psikologi Pendidikan (Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran), (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016), 116. kajian teori minat belajar Oleh UH Hashihah (Repository.Iainkudus.2020)
Suyono dan Hariyanto, Implementasi Belajar,,, 176. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015).
Sukarti (1986), Dalam yuda erlangga, 2020, hubungan minat belajar terhadap prestasi akademik,. Uin Raden Intan Lampung.
Suryabrata, (2010), Dalam R Bahri. 2020. Tinjauan pustaka. (Untag Surabaya Repository).
Ahmadi, (2002), Dalam Rusmiati, Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa ma alfattah sumbe mulyo, (junal ilmiah pendidikan ekonomi, 2017).
Chaplin, (2001), Dalam Nalim Dan Santika, 2020, Faktor faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. (jurnal, Iain Pekalongan).
Djamaroh, (2002), Dalam Dian Arumsari, 2017, Pengaruh Media pembelajaran dan keterampilan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa smk negeri 5 madiun. (Jurnal akuntansi dan pendidikan).
Sobur, (2002), Dalam Y Erlangga, 2020. Hubungan minat belajar terhadap prestasi akademik. (Uin Raden Intan Lampung).
Menururt tu`u, (2022). Dalam Iis Isnatilah, 2023. Kajian teori prestasi akademik. (Universitas Siliwangi).
Syah, (2015), Dalam Y Erlangga, Hubungan minat belajar terhadap prestasi akademik. (Uin Raden Intan Lampung).
Suryabrata (2015) Dalam Anwar Fuadi. 2020. Prestasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ditinjau Dari Konsep Diri Akademik dan Kecerdasan Emosi. (Alhadharoh : jurnal Ilmu Dakwah, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin)
Wahab, (2015), Dalam Novia Eka Mandala. 2021. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Prestasi Akademik Pada maha siswa psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Universitas Muhammadyah Surakarta)
Syah (2015), Dalam R Bahri. 2020. Teori Indikator prestasi akademik. (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya UNTAG)
Azwar (1995). Dalam Muclisin Riadi. 2021. Prestasi akademik (pengertian, fungsi,jenis, ukurandan faktor yang mempengaruhi). (Metode Pembelajaran : Kajian Pustaka.com)
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam neningkatkan hasil belajar peserta didik. Junal pendidikan penabur, 7 (10), 11-21. https ://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Agus sujanto. Dalam Muh. Wayong. Peranan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Alquran Anak di Kota Makassar. (Tarbawi Jurnal Pendididkan : UIN Alauddin Makassar)
Tafonao (2018). Dalam Septy Nur Fadhillah, 2021. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa sd negeri kohod III. (PENSA : Jurnal Pendididkan dan Ilmu sosial)
Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Abu Ahmadi. Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar di sdn 03 limboto barat kabupaten gorontalo. (Aksara : Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal. 2020)
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Yuda Erlangga, 2020. Hubungan antara minat belajar dengan prestasi akademik. (Uin Raden Intan Lampung).
Rahmat Herdiyanto. 2019. Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Sd Negeri 2 Badransari Tahun Ajaran 2019/2020â€. (Institut Agama Islam Negeri Metro)
Adityas Normalita. 2015. Hubungan Antara Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Di Smp Muhammadiyah 10 Yogyakarta. (Universitas Negeri Yogyakarta).
Sri Lestari Munung Sughiarti. 2016. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang (Universitas Negeri Semarang)
David Angrayana. 2019. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Iii Kampung Baru Kota Bandar Lampung. (Universitas Lampung Bandar Lampung).
Nasution dalam Maria Angela Krisanti (2019). Analisis Penyebab dan solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan hipotesis statistik dengan metode pengujjian Independent Sample T-Test Di PT.Merek, Tbk. (Junal Tekno).
Slameto (2013). Dalam Lusi Asmara. 2019. Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. (SPEJ Science and Physics Education Journal)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Alfabeta.
Revilliana, Merry. 2019. Penggunaan Teknik Positive Self Talk Untuk Membantu Mengembangkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pasawaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Supratiknya, A. 2014. Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Purwanto (2010). Dalam Irma Septiani. 2020. Analisis Minat Belajar siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor di kelas x mipa 3 sman 2 jember. (Jurnal Pembelajaran Fisiska : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember)