PEMBELAJARAN FINGER PAINTING UNTUK MENGEMBANGKAN SENI DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

  • Nuzulul Pawestri Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Zahrotul Munawaro Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Raden Roro Maya Candra Pinanta Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Pembelajaran finger painting bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas diri anak secara mandiri, penuh imajinasi dan menyempurnakan keterampilannya dalam perkem-bangan seni. Dalam penelitian ini pembelajaran finger painting dapat mengembangkan kemampuan pada aspek perkembangan seni dan kreativitas anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada para pendidik atau para pembaca bahwa pembelajaran finger painting dapat mengembangkan kemampuan aspek perkembangan seni dan kreativitas anak usia dini, yang dimana dalam sebuah kegiatan pembelajaran seorang pendidik harus bisa mengembangkan beberapa kemampuan aspek perkembangan pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan atau studi literatur. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran finger painting dapat mengembangkan kemampuan aspek perkembangan seni dan kreativitas anak usia dini. Melalui pembelajaran finger painting dapat memberikan alternatif solusi dari per-masalahan yang dialami anak pada perkembangan seni dan kreativitasnya seperti perma-salahan anak dalam mengekspresikan kemampuan seni dalam menggambar.

References

Andriani, K. W. (2018). Pengaruh Nilai Pelang-gan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Pos Indone-sia (Persero) Cabang Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 54–69. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i1.15565
Deni Susanti, D. (2022). Dampak Penggunaan Metode Finger Painting terhadap Perkem-bangan Seni Anak Usia Dini. Aulad: Jour-nal on Early Childhood, 5(3), 365–372. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.403
Hilwatul Hanan, Sudadio, hidayatullah H. (2023). Upaya Mengembangkan Kreativi-tas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting pada Peserta Didik di PAUD Pelangi Pandeglang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 173–180. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1134
Mardia, Leny Marlina, Y. F. P. (2023). Pengaruh Finger Painting Terhadap Krea-tivitas Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Desa Tanjung Baru Kecamatan Tanjung Lubuk. Innovative: Journal Of So-cial …, 3, 8882–8897. http://j-innova-tive.org/index.php/Innovative/article/view/7499%0Ahttp://j-innova-tive.org/index.php/Innovative/article/download/7499/5120
Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., & Netriwin-da, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978
Novi Yanti, Desti Puswanti, Iyang Maisi Fitria-ni, S. A. (2023). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 102–116. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2200
Ramdini, T. P., & Mayar, F. (2019). Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tam-busai, 3(6), 1411–1418.
Sri Rahayu hader, Bahran Taib, S. M. J. W. (2021). PENGARUH KEGIATAN FIN-GER PAINTING TERHADAP KREA-TIVITAS ANAK KELOMPOK B. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan ANak Usia Dini, 3.
Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PEDAGOGY, 09.
Published
2025-01-09
How to Cite
PAWESTRI, Nuzulul; MUNAWARO, Zahrotul; PINANTA, Raden Roro Maya Candra. PEMBELAJARAN FINGER PAINTING UNTUK MENGEMBANGKAN SENI DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 518-524, jan. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5981>. Date accessed: 14 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5981.
Section
Articles