INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN: PENDEKATAN KEPEMIMPINAN KOLABORATIF DI ERA DIGITAL
Abstract
Penelitian ini membahas integrasi teknologi dalam difusi inovasi pendidikan melalui pendekatan kepemimpinan kolaboratif di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model kepemimpinan kolaboratif berbasis teknologi yang dapat meningkatkan adopsi teknologi dalam pendidikan. Metode yang digunakan adalah penelitian pustaka untuk menganalisis literatur terkait. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa saluran komunikasi, waktu, dan sistem sosial memiliki peran penting dalam proses difusi inovasi. Selain itu, karakteristik kepemimpinan kolaboratif sangat mendukung inovasi dan pembelajaran berkelanjutan. Kepemimpinan kolaboratif dalam pendidikan dianggap sangat penting untuk mendukung inovasi teknologi. Pendekatan ini melibatkan semua pemangku kepentingan dalam perencanaan dan implementasi, yang menciptakan rasa memiliki yang kuat dan meningkatkan peluang keberhasilan adopsi teknologi. Pemimpin kolaboratif berfungsi sebagai fasilitator yang mendorong komunikasi terbuka, membentuk tim lintas fungsi, dan menyediakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Sementara itu, kolaborasi yang terjalin mempercepat penerimaan inovasi dan menciptakan sinergi yang meningkatkan efektivitas implementasi. Model kepemimpinan kolaboratif berbasis teknologi menggabungkan inovasi, kolaborasi, dan dinamika organisasi untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang adaptif. Keberhasilan model ini diukur melalui tingkat adopsi teknologi, partisipasi pemangku kepentingan, dan dampaknya terhadap hasil pendidikan.
References
Ainun, Fadia Puja, Heni Setya Mawarni, Lulu Sakinah, Nabila Ayu Lestari, and Tebi Hariyadi Purna. “Identifikasi Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang Dan Tantangan Di Era Disrupsi.†Teachin.Id 6, no. 1 (2019).
Aryani, Refi Meilia, and Rudi Haryadi. “Principals’ Implementation of Collaborative Leadership To Improve Learning Quality.†EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika 8, no. 1 (2023): 06–15. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i1.24602.
Chastanti, Ika, Idzi Layyinnati, Fitri Endang Srimulat, Cindy Indra Fiqri, Rahmi Syafriyeti, Dwi Tika Afriani, Ernawati Ernawati, and Nur Jannah. “Inovasi Pembelajarana Dan Pendidikan Teknologi Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan.†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2017, 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf.
Dearing, James W. “Diffusion of Innovations.†In The Oxford Handbook of Organizational Change and Innovation, 2021. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780198845973.013.23.
Firmadani, Fifit. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.†Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional 2, no. 1 (2020): 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660.
Ham, Marcia. “Theories of Innovation Adoption and Real-World Case Analyses – Driving Educational Change_ Innovations in Action.†In Driving Educational Change: Innovations in Action, 2018.
Hidayat Rizvi. “Traditional Vs Collaborative Leadership : How to Lead a Team Effectively.†Cultural Leadership 9, no. 2 (2024).
Ifadhila, and Muhammad Subhan Iswahyudi. STRATEGI PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA : Mengelola Dan Menetapkan SDM Yang Berkualitas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Jannah, Miftahul, Nurul Shafika, Eka Budi Parsetyo, and Syafaatul Habib. “TRANSFORMASI DIGITAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: PELUANG DAN TANTANGAN.†Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam 5, no. 1 (2023). https://doi.org/10.30739/jmpid.v5i1.2094.
K, Kisno, and Nia Fatmawati. “Difusi Inovasi Aplikasi Quiver 3-D Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.†Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4, no. 2 (2023). https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9929.
Kasmawati, Yuni. “Kepemimpinan Kolaboratif : Sebuah Bentuk Kepemimpinan Untuk Sekolah.†Equilibrium: Jurnal Pendidikan 9, no. 2 (2021). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.5120.
Khakim, Ma’mun. “Implementasi Total Quality Management Di Madrasah.†Jurnal Kependidikan 6, no. 2 (2018). https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2261.
Lawrence, Randee Lipson. “Understanding Collaborative Leadership in Theory and Practice.†New Directions for Adult and Continuing Education 2017, no. 156 (2017). https://doi.org/10.1002/ace.20262.
Lestari, Sudarsri. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.†Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2018): 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.
Maharani, Puspita Naurah, Iren Andina Rahmadani Tarigan, Nur Ain Nun, Sirrul Aulia, and Ahmad Mukhalisin. “Peran Teknologi Informasi Dalam Manajemen Organisasi Pendidikan Modern.†Journal Of Global Humanistic Studies 2, no. 3 (2024): 151–58. https://doi.org/10.19109/elidare.v10i1.21023.
Marzuki. “Urgensi Manajeman Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam.†Journal on Education 06, no. 03 (2024): 17435–45.
Muhammad Yusuf, Dwi Julianingsih, and Tarisya Ramadhani. “Transformasi Pendidikan Digital 5.0 Melalui Integrasi Inovasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.†Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.328.
Nisrokha, Nisrokha. “Difusi Inovasi Dalam Teknologi Pendidikan.†Madaniyah 10, no. 2 (2020).
Nurillahwaty, Eka. “Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.†Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (2021).
Pratama, Erwin Yudi. “Kepemimpinan Digital : Peluang Dan Tantangan Di Era Transformasi Teknologi,†no. October (2024): 0–22.
Rofiqi. Pendidikan Islam Di Era Industri 4 . 0 (Studi Analisis Terhadap Tantangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam). Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Islam. Vol. 10, 2019. https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3763.
Rofiyana, M, Abdul Aziz, Rifqi, Salma, and Alya Salwa. “Pengaruh Kepemimpinan Adaptif Di Era Digital Dalam Usaha Membangun Budaya Positif Untuk Tim Yang Tangguh.†INNOVATIVE: Journal of Science Research 4 (2024): 476–83.
Rogers, Everett M. Diffusion of Innovations. Three. New York: The Free Press A Division of Macmillan Publishing, 1983.
Rohmawati, Lutfi, and Siti Neng Syamsiah. “PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL.†Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7, no. 4 (2024): 1–12.
Sab’na. “Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Dalam Pendidikan Inklusif.†Jurnal Pendidikan Inklusi 7, no. 2 (2019): 116–30. https://journal.uny.ac.id/index.php/wuny/article/view/30951/13339.
Supatah, Supatah, Muhammad Thohri, Moh. Iwan Fitriani, and Safinah Safinah. “Implementasi Supervisi Peer To Peer Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru.†Jurnal Manajemen Dan Budaya 4, no. 2 (2024): 12–27. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i2.608.
Suryadi, Edi. “Kepemimpinan Transformasi Dan Budaya Organisasi.†Jurnal MANAJERIAL 2, no. 2 (2019). https://doi.org/10.17509/manajerial.v2i2.16467.
Usanto, U, N Sucahyo, W Warta, and ... “Transformasi Kepemimpinan Yang Bersifat Profetik Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Era Society 5.0 Yang Berkelanjutan.†Community … 4, no. 2 (2023): 5287–5301. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/16607%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/16607/12623.
Yu, Ping. “Diffusion of Innovation Theory.†In Implementation Science: The Key Concepts, 2022. https://doi.org/10.4324/9781003109945-16.