PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE

  • Sedekia Gulo Universitas Nias
  • Eka Septianti Laoli Universitas Nias
  • Wahyutra Adilman Telaumbanua Universitas Nias
  • Asali Lase Universitas Nias

Abstract

Kecenderungan model pembelajaran ceramah yang dilakukan oleh guru menimbulkan kesulitan bagi siswa untuk dapat menyerap dan memahami pelajaran. Alhasil, banyak siswa yang cenderung bersikap pasif dan tidak dapat mengemukakan pendapat dalam setiap pembelajaran, untuk itu diperlukan inovasi agar setiap materi pembelajaran dapat diminati oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran STEAM dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa uji validitas dan uji reliabilitas yang dilakukan pada angket pembelajaran STEAM, dan angket kemandirian belajar siswa, dinyatakan valid dan reliabel. Dari uji koefisien korelasi diperoleh rii>rtabel atau 0,771 > 0,381, ini berarti tingkat koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y mempunyai tingkat korelasi yang tergolong sangat tinggi. Dari hasil perhitungan pengujian hipotesis ditemukan thitung = 6,829 dan ttabel = 1,705, maka dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh pembelajaran STEAM terhadap kemandirian belajar siswa Tahun Pelajaran 2023/2024.

References

Afid, A. A., Nuvitalia, D., & Sanjaya, D. (2024). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 121–127.
Andhianto, P. A., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Penerapan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Satuan PAUD. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 314–326.
Azizah, Z., Nurlela, N., & Surtiyoni, E. (2024). Pengembangan Pedoman Pembelajaran Mandiri untuk Meningkatkan Self Directed Learning Readiness. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 979–987.
Barkah, E. S., Awaludin, D., & Bahtiar, M. I. E. A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics): Strategi Peningkatan Kecakapan Abad 21. Jurnal Syntax Admiration, 5(9), 3501–3511.
Choirunnisa, N. L., Suryanti, S., Istianah, F., Mintohari, M., & Julianto, J. (2023). Pengembangan Pembelajaran Berbasis STEAM Bagi Guru Sekolah Dasar. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–8.
Hafizhah, I., Iswandi, I., & Susiawati, I. (2024). Analisis Pembelajaran Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pelajaran IPA Kelas. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1828–1841.
Handayani, W., Kuswandi, D., & Arifin, I. (2023). Pembelajaran Berbasis STEAM untuk Perkembangan Kognitif pada Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 770–778.
Hartawati, F., & Karim, M. (2024). Tantangan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 14(1), 185–190.
Iffiani, Z., Surudin, Y., & Kartika, I. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Berfikir Kritis. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 2103–2116.
Imanuddin, F., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). A Pengaruh Kemandirian belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 202–212.
Maiyah, I. N., Wardhani, W., & Adwitiya, A. (2024). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru PAUD Tentang STEAM Berbasis Teknologi Digital. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 314–322.
Ma’ruf, M. H. (2024). Analisis peran kurikulum merdeka dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di era pendidikan kontemporer. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 16–23.
Masitoh, S., & Herman, T. (2024). Kemandirian belajar siswa kelas VII berdasarkan analisis pedagogik pembelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 365–376.
Muawanah, S. R., & Harjani, H. J. (2024). Analisis Pembelajaran STEAM Menggunakan Loose Parts Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 445–454.
Nur, N., & Nugraha, M. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(5), 73–93.
Paraniti, A. A. I., Dina, N. K., Diarta, I. M., & Hermawan, I. M. S. (2024). Membangun keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar: Akselerasi mewujudkan profil pelajar Pancasila. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(2), 201–208.
Rahayu, P., & Adityarini, E. (2024). Inovasi Pembelajaran STEAM Berbasis Hasil AKMI untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Madrasah di Era Digital. Journal of Madrasah Studies, 1(1), 1–10.
Widiastuti, S., Harun, H., Cholimah, N., & Tjiptasari, F. (2024). Implementasi Nilai Karakter melalui Pembelajaran Proyek untuk Anak Usia Dini pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 85–109.
Published
2025-04-08
How to Cite
GULO, Sedekia et al. PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 737-746, apr. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5971>. Date accessed: 17 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i2.5971.