MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TK PERTIWI MAYANG
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan fisik, emosional, dan intelektual anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas finger painting sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 4–5 tahun di TK Pertiwi Mayang, Jember. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, penelitian dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan 12 anak sebagai peserta. Teknik observasi dan dokumentasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan motorik, kreativitas, dan kepercayaan diri anak. Pada siklus kedua, 75% anak mencapai indikator keberhasilan dalam tugas motorik halus. Hasil ini menunjukkan bahwa finger painting adalah strategi yang efektif dan dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus di lingkungan pendidikan anak usia dini.