IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS TAHASSUS DI MADRASAH ALIYAH WHATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini adalah penelitian lapangan bersifat diskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Impelentasi Pendidikan Agama Islam Pada Kelas Tahassus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, metode ini penulis gunakan untuk menggali data dan informasi dari lapangan yang mengetahui bagaimana kegiatan pembelajara di Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan pada kelas tahassus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kelas Tahassus di Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan, digunakan untuk siswa-siswi yang mereka berasal dari SMP bukan dari MTs. Kelas tahassus ini terdiri dari 3 tingkatan yaitu kelas 1, 2 dan 3. Untuk materi pembelajarannya pun materinya lebih rendah dibanding kelas biasa. (2) Penerapan kelas tahasus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangat efektif bagi para siswa yang awalnya lemah pemahaman tentang Agama Islam menjadi meningkat. (3) Faktor pendukungnya adalah program kelas tahasus didukung oleh para wali siswa dan para pengajar rata-rata alumnus pondok pesantren dan lingkungan yang islami sehingga implementasi nilai-nilai keislaman mudah dimplementasikan. (4) faktor penghambat adalah siswa memiliki rasa malas, yaitu siswa malas dalam menghafal dan mebaca berulang-ulang tentang ayat Al Qur’an, hadist dan kitab kuning yang sedang mereka hafal atau baca, karena penyebab utama mereka para lulusan dari sekolah yang berbasis umum yang lemah pemahaman agama islam..
Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Agama Islam. Kelas Tahasus