PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI INPRES DOYO LAMA KABUPATEN JAYAPURA PAPUA
Abstract
Penelitian ini adalah supervisi akademik merupakan instrumen yang efektif untuk meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Inpres Doyo Lama. Dengan menerapkan rekomendasi yang telah diberikan, diharapkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut dapat terus ditingkatkan. Penelitian ini membuktikan bahwa supervisi akademik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di SD Negeri Inpres Doyo Lama. Aspek pelaksanaan supervisi, khususnya pemberian umpan balik langsung, merupakan faktor yang paling penting. Kendala-kendala yang dihadapi perlu segera diatasi untuk meningkatkan efektivitas supervisi. Rekomendasi yang diberikan diharapkan dapat menjadi masukan bagi sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan
Abstract
Penelitian ini adalah supervisi akademik merupakan instrumen yang efektif untuk meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Inpres Doyo Lama. Dengan menerapkan rekomendasi yang telah diberikan, diharapkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut dapat terus ditingkatkan. Penelitian ini membuktikan bahwa supervisi akademik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di SD Negeri Inpres Doyo Lama. Aspek pelaksanaan supervisi, khususnya pemberian umpan balik langsung, merupakan faktor yang paling penting. Kendala-kendala yang dihadapi perlu segera diatasi untuk meningkatkan efektivitas supervisi. Rekomendasi yang diberikan diharapkan dapat menjadi masukan bagi sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan