DAMPAK PEMBIAYAN DANA PROGRAM INDONESIA PINTAR ( PIP )DI SD NEGERI INPRES DOYO LAMA KABUPETAN JAYAPURA – PAPUA

  • Yosina Dike Universitas Kristen Satya Wacana
  • Shophia Tri Satyawati Universitas Kristen Satya Wacana
  • Bambang Bambang Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Peran Program Indonesia Pintar (PIP) dan Keberlanjutan Pendidikan Peserta Didik di SD Negeri Inpres Doyo Lama di kabupaten Jayapura. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Adapun masalah yang di teliti adalah Mekanisme pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di SD Negeri Inpres Doyo Lama Kabupaten Jayapura Papua Kabupaten Jayapura  dan Peran Program Indonesia Pintar (PIP) dan Keberlanjutan Pendidikan Peserta Didik di SD Negeri Inpres Doyo Lama. Hasil penelitian ini menunjukkan Program Indonesia Pintar (PIP) di SD Negeri   Kabupaten Jayapura Papua mendapat dukungan penuh dari seluruh warga sekolah. Guru Mata Pelajaran,Guru Kelas,Operator PIP bersama admin dan bendahara sekolah bertanggung jawab atas pelaksanaan program ini. Mereka memastikan pengusulan data siswa penerima PIP dilakukan dengan benar, serta mengelola dana yang cair untuk membantu siswa melunasi kekurangan biaya sekolah. PIP berperan penting dalam membantu siswa melanjutkan pendidikan dengan meringankan beban ekonomi orang tua, mencegah siswa putus sekolah, dan mengajak anak yang sebelumnya tidak bersekolah kembali mendapatkan layanan pendidikan. Program ini juga berfungsi meringankan biaya pendidikan personal bagi siswa.

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Peran Program Indonesia Pintar (PIP) dan Keberlanjutan Pendidikan Peserta Didik di SD Negeri Inpres Doyo Lama di kabupaten Jayapura. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Adapun masalah yang di teliti adalah Mekanisme pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di SD Negeri Inpres Doyo Lama Kabupaten Jayapura Papua Kabupaten Jayapura  dan Peran Program Indonesia Pintar (PIP) dan Keberlanjutan Pendidikan Peserta Didik di SD Negeri Inpres Doyo Lama. Hasil penelitian ini menunjukkan Program Indonesia Pintar (PIP) di SD Negeri   Kabupaten Jayapura Papua mendapat dukungan penuh dari seluruh warga sekolah. Guru Mata Pelajaran,Guru Kelas,Operator PIP bersama admin dan bendahara sekolah bertanggung jawab atas pelaksanaan program ini. Mereka memastikan pengusulan data siswa penerima PIP dilakukan dengan benar, serta mengelola dana yang cair untuk membantu siswa melunasi kekurangan biaya sekolah. PIP berperan penting dalam membantu siswa melanjutkan pendidikan dengan meringankan beban ekonomi orang tua, mencegah siswa putus sekolah, dan mengajak anak yang sebelumnya tidak bersekolah kembali mendapatkan layanan pendidikan. Program ini juga berfungsi meringankan biaya pendidikan personal bagi siswa.

Published
2024-12-05
How to Cite
DIKE, Yosina; TRI SATYAWATI, Shophia; BAMBANG, Bambang. DAMPAK PEMBIAYAN DANA PROGRAM INDONESIA PINTAR ( PIP )DI SD NEGERI INPRES DOYO LAMA KABUPETAN JAYAPURA – PAPUA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 360-369, dec. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5607>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5607.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.