PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI INPRES SEREH
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Inpres Sereh Kabupaten Jayapura menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh kepala sekolah SD Negeri Inpres Sereh Kabupaten Jayapura terhadap para guru, baik secara formal maupun informal, telah berjalan dengan baik dan efektif. Unsur-unsur penting dalam komunikasi interpersonal, seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan rasa kebersamaan, telah diterapkan dengan baik oleh kepala sekolah. Meskipun komunikasi interpersonal kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap profesionalisme dan kinerja guru, masih ada faktor-faktor lain yang juga perlu dieksplorasi lebih lanjut dalam penelitian mendatang. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas cakupan area penelitian untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai berbagai faktor yang memengaruhi kinerja guru, selain komunikasi interpersonal.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Inpres Sereh Kabupaten Jayapura menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh kepala sekolah SD Negeri Inpres Sereh Kabupaten Jayapura terhadap para guru, baik secara formal maupun informal, telah berjalan dengan baik dan efektif. Unsur-unsur penting dalam komunikasi interpersonal, seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan rasa kebersamaan, telah diterapkan dengan baik oleh kepala sekolah. Meskipun komunikasi interpersonal kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap profesionalisme dan kinerja guru, masih ada faktor-faktor lain yang juga perlu dieksplorasi lebih lanjut dalam penelitian mendatang. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas cakupan area penelitian untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai berbagai faktor yang memengaruhi kinerja guru, selain komunikasi interpersonal.