PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI INPRES SEREH

  • Tipuk Widiastuti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yuri Dwikurnaningsih Universitas Kristen Satya Wacana
  • Agus Sugiarto Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

               Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Inpres Sereh Kabupaten Jayapura menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh kepala sekolah SD Negeri Inpres Sereh Kabupaten Jayapura terhadap para guru, baik secara formal maupun informal, telah berjalan dengan baik dan efektif. Unsur-unsur penting dalam komunikasi interpersonal, seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan rasa kebersamaan, telah diterapkan dengan baik oleh kepala sekolah. Meskipun komunikasi interpersonal kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap profesionalisme dan kinerja guru, masih ada faktor-faktor lain yang juga perlu dieksplorasi lebih lanjut dalam penelitian mendatang. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas cakupan area penelitian untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai berbagai faktor yang memengaruhi kinerja guru, selain komunikasi interpersonal.

Abstract

               Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Inpres Sereh Kabupaten Jayapura menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh kepala sekolah SD Negeri Inpres Sereh Kabupaten Jayapura terhadap para guru, baik secara formal maupun informal, telah berjalan dengan baik dan efektif. Unsur-unsur penting dalam komunikasi interpersonal, seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan rasa kebersamaan, telah diterapkan dengan baik oleh kepala sekolah. Meskipun komunikasi interpersonal kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap profesionalisme dan kinerja guru, masih ada faktor-faktor lain yang juga perlu dieksplorasi lebih lanjut dalam penelitian mendatang. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas cakupan area penelitian untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai berbagai faktor yang memengaruhi kinerja guru, selain komunikasi interpersonal.

Published
2024-12-05
How to Cite
WIDIASTUTI, Tipuk; DWIKURNANINGSIH, Yuri; SUGIARTO, Agus. PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI INPRES SEREH. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 329-339, dec. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5605>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5605.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.