EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI APLIKASI SIBI (SISTEM INFORMASI PERBUKUAN INDONESIA) SEBAGAI MEDIA BELAJAR LITERASI DIGITAL SISWA KELAS 4, SDN 4 TISTA

  • Made Sutrisna Maha Terianita SDN 4 Tista
  • I Made Winangun STAHN Mpu Kuturan
  • Komang Surya Adnyana STAHN Mpu Kuturan

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan Efektivitas Implementasi Aplikasi SIBI (Sistem Informasi Perbukuan Indonesia) Sebagai Media Belajar Literasi Digital Siswa Kelas 4, Sdn 4 Tista, kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Aplikasi ini sangat mudah di akses dan juga  membantu siswa-siswi dalam mencari wawasan baru melalui membaca, meningkatkan aksesibilitas pembelajaran, dan memberikan beragam materi pembelajaran, serta berguna untuk guru mencari refensi buku bacaan. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode yang bertujuan untuk dapat mencerna fakta tentang subjek apa yang ada di dalam penelitian, contohnya perilaku, sikap, aktivitas, motivasi secara keseluruhan. Hasil pengukuran tersebut menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki manfaat signifikan, seperti peningkatan wawasan siswa dan kemampuan untuk mengakses materi di mana saja. Dalam penelitian ini pun ada beberapa kendala seperti masalah jaringan internet, serta adanya peserta didik yang belom bisa menggunakan perangkat laptop, namun hal itu bukan jadi suatu alasan, Solusi dengan cara berkolaborasi dengan rekan sejawat yakni para guru dalam upaya kerjasama membantu mengatasi sebagian dari kendala tersebut dengan mengajarkan para peserta didik yang belom bisa dan juga memberikan bantuan hotspot untuk perangkat guna membuka aplikasi literasi digital tersebut.

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan Efektivitas Implementasi Aplikasi SIBI (Sistem Informasi Perbukuan Indonesia) Sebagai Media Belajar Literasi Digital Siswa Kelas 4, Sdn 4 Tista, kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Aplikasi ini sangat mudah di akses dan juga  membantu siswa-siswi dalam mencari wawasan baru melalui membaca, meningkatkan aksesibilitas pembelajaran, dan memberikan beragam materi pembelajaran, serta berguna untuk guru mencari refensi buku bacaan. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode yang bertujuan untuk dapat mencerna fakta tentang subjek apa yang ada di dalam penelitian, contohnya perilaku, sikap, aktivitas, motivasi secara keseluruhan. Hasil pengukuran tersebut menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki manfaat signifikan, seperti peningkatan wawasan siswa dan kemampuan untuk mengakses materi di mana saja. Dalam penelitian ini pun ada beberapa kendala seperti masalah jaringan internet, serta adanya peserta didik yang belom bisa menggunakan perangkat laptop, namun hal itu bukan jadi suatu alasan, Solusi dengan cara berkolaborasi dengan rekan sejawat yakni para guru dalam upaya kerjasama membantu mengatasi sebagian dari kendala tersebut dengan mengajarkan para peserta didik yang belom bisa dan juga memberikan bantuan hotspot untuk perangkat guna membuka aplikasi literasi digital tersebut.

Published
2024-12-17
How to Cite
MAHA TERIANITA, Made Sutrisna; WINANGUN, I Made; ADNYANA, Komang Surya. EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI APLIKASI SIBI (SISTEM INFORMASI PERBUKUAN INDONESIA) SEBAGAI MEDIA BELAJAR LITERASI DIGITAL SISWA KELAS 4, SDN 4 TISTA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 430-436, dec. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5569>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5569.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.