PSIKOLOGI AGAMA SEBAGAI STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0

  • Rahayu Fuji Astuti Universitas Potensi Utama
  • Yuliyani Yuliyani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dinda Valiza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fatimah Zahra Chaniago Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Reza Pratama Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Revolusi Industri 5.0 membawa perubahan signifikan dalam pendidikan, termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI). Revolusi ini menekankan kolaborasi antara teknologi dan nilai-nilai emosional dan spiritual dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran psikologi agama sebagai strategi pendidikan agama Islam di era revolusi industri 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling dari literatur yang sesuai dengan topik penelitian, mencakup buku, artikel, jurnal ilmiah, dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa psikologi agama dalam perspektif Technological Pedagogical Content Knowledge (PTACK) adalah strategi yang sangat efektif dan holistik untuk pendidikan agama Islam di era Revolusi Industri 5.0. Pendekatan ini akan membawa pendidikan agama Islam untuk berkembang mengikuti kemajuan teknologi, tanpa mengabaikan pentingnya pengembangan nilai-nilai spiritual dan emosional peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan psikologi agama dapat memberikan dasar yang kuat bagi pengembangan karakter peserta didik, sehingga mereka tidak hanya cerdas dalam aspek kognitif, tetapi juga memiliki keseimbangan emosional dan spiritual yang baik. Dengan pendekatan yang tepat, teknologi dapat menjadi alat yang mendukung pengembangan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai agama Islam.

Abstract

Revolusi Industri 5.0 membawa perubahan signifikan dalam pendidikan, termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI). Revolusi ini menekankan kolaborasi antara teknologi dan nilai-nilai emosional dan spiritual dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran psikologi agama sebagai strategi pendidikan agama Islam di era revolusi industri 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling dari literatur yang sesuai dengan topik penelitian, mencakup buku, artikel, jurnal ilmiah, dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa psikologi agama dalam perspektif Technological Pedagogical Content Knowledge (PTACK) adalah strategi yang sangat efektif dan holistik untuk pendidikan agama Islam di era Revolusi Industri 5.0. Pendekatan ini akan membawa pendidikan agama Islam untuk berkembang mengikuti kemajuan teknologi, tanpa mengabaikan pentingnya pengembangan nilai-nilai spiritual dan emosional peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan psikologi agama dapat memberikan dasar yang kuat bagi pengembangan karakter peserta didik, sehingga mereka tidak hanya cerdas dalam aspek kognitif, tetapi juga memiliki keseimbangan emosional dan spiritual yang baik. Dengan pendekatan yang tepat, teknologi dapat menjadi alat yang mendukung pengembangan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai agama Islam.

Published
2024-12-02
How to Cite
FUJI ASTUTI, Rahayu et al. PSIKOLOGI AGAMA SEBAGAI STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 291-312, dec. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5563>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5563.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.