KUALITAS LAYANAN PUBLIK DALAM SISTEM PEMERINTAHAN DESA: STUDI DI KANTOR DESA JOMBANG KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER
Abstract
Layanan publik merupakan salah satu aspek penting dalam pemerintahan yang dapat mempengaruhi kualitas hidup masyarakat. Kualitas layanan publik yang baik diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga, memberikan kemudahan akses, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan. Di tingkat desa, kualitas layanan publik memegang peranan yang sangat penting karena desa merupakan unit pemerintahan terdekat dengan masyarakat. Namun, dalam prakteknya, masih banyak tantangan dalam mewujudkan pelayanan publik yang optimal, termasuk di desa Jombang Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi kualitas layanan publik dalam sistem pemerintahan desa di Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali persepsi masyarakat dan aparat pemerintah desa terkait kualitas pelayanan yang diberikan, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan keberhasilan atau kegagalan pelayanan publik di tingkat desa serta persepsi masyarakat terhadap layanan yang diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian yang diperoleh penulis dan menunjukan bahwa kualitas layanan Publik di kantor Desa Jombang Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember telah sesuai dengan yang diinginkan meskipun belum dikatakan efektif. Selain itu terdapat pula hambatan-hambatan yang mempengaruhi seperti kurangnya sarana dan prasarana dalam layanan Publik di kantor Desa Jombang Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember.








