OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN SIDOKARE 4 SIDOARJO DENGAN MEDIA INTERAKTIF GOOGLE SITES

  • Masfulatul Lailiyah Universitas Terbuka Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya

Abstract

Penelitian ini menyelidiki efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Sidokare 4 Sidoarjo. Berbagai fitur yang ditawarkan oleh Google Sites, seperti tampilan yang sederhana dan fleksibel, memungkinkan pendidik untuk mengembangkan materi yang sesuai tujuan pembelajaran. Studi ini dilaksanakan di SDN Sidokare 4 yang berlokasi di Jl. Ir Juanda No 12A Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Subjek pada penelitian ini adalah Guru Bahasa Inggris dan siswa - siswi SDN Sidokare 4. Sedangkan Objek penelitian yang digunakan pada studi ini adalah media belajar interaktif berbasis Google Sites yang diberi nama “EximPasT”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam proses pengembangan dan penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Sidokare 4 Sidoarjo secara optimal. Studi pengembangan pendidikan ini menggunakan Teknik pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Sidokare 4 dengan menggunakan media Google Sites berjalan dengan sangat optimal karena Google Sites terbukti sebagai alat yang valid, efektif, dan praktis untuk mendorong pembelajaran secara aktif.


This research investigates the effectiveness of interactive learning media based on Google Sites to increase student activity in learning English at SDN Sidokare 4 Sidoarjo. The various features offered by Google Sites, such as a simple and flexible display, allow educators to develop materials that suit learning objectives. This study was carried out at SDN Sidokare 4 which is located on Jl. Ir Juanda No 12A Sidoarjo District, Sidoarjo Regency. The subjects in this study were English teachers and students at SDN Sidokare 4. Meanwhile, the research object used in this study was interactive learning media based on Google Sites, named "EximPasT". The aim of this research is to analyze the development process, implementation and impact of using Google Sites Media on English language learning at SDN Sidokare 4 Sidoarjo. This educational development study uses a qualitative approach technique with descriptive research type. The results of this research are that English learning at SDN Sidokare 4 using Google Sites media runs optimally because Google Sites has been proven to be a valid, effective and practical tool for encouraging active learning.

Abstract

Penelitian ini menyelidiki efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Sidokare 4 Sidoarjo. Berbagai fitur yang ditawarkan oleh Google Sites, seperti tampilan yang sederhana dan fleksibel, memungkinkan pendidik untuk mengembangkan materi yang sesuai tujuan pembelajaran. Studi ini dilaksanakan di SDN Sidokare 4 yang berlokasi di Jl. Ir Juanda No 12A Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Subjek pada penelitian ini adalah Guru Bahasa Inggris dan siswa - siswi SDN Sidokare 4. Sedangkan Objek penelitian yang digunakan pada studi ini adalah media belajar interaktif berbasis Google Sites yang diberi nama “EximPasT”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam proses pengembangan dan penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Sidokare 4 Sidoarjo secara optimal. Studi pengembangan pendidikan ini menggunakan Teknik pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Sidokare 4 dengan menggunakan media Google Sites berjalan dengan sangat optimal karena Google Sites terbukti sebagai alat yang valid, efektif, dan praktis untuk mendorong pembelajaran secara aktif.


This research investigates the effectiveness of interactive learning media based on Google Sites to increase student activity in learning English at SDN Sidokare 4 Sidoarjo. The various features offered by Google Sites, such as a simple and flexible display, allow educators to develop materials that suit learning objectives. This study was carried out at SDN Sidokare 4 which is located on Jl. Ir Juanda No 12A Sidoarjo District, Sidoarjo Regency. The subjects in this study were English teachers and students at SDN Sidokare 4. Meanwhile, the research object used in this study was interactive learning media based on Google Sites, named "EximPasT". The aim of this research is to analyze the development process, implementation and impact of using Google Sites Media on English language learning at SDN Sidokare 4 Sidoarjo. This educational development study uses a qualitative approach technique with descriptive research type. The results of this research are that English learning at SDN Sidokare 4 using Google Sites media runs optimally because Google Sites has been proven to be a valid, effective and practical tool for encouraging active learning.

Published
2024-11-13
How to Cite
LAILIYAH, Masfulatul; EL-YUNUSI, Muhammad Yusron Maulana. OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN SIDOKARE 4 SIDOARJO DENGAN MEDIA INTERAKTIF GOOGLE SITES. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 268-278, nov. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5511>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5511.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.