PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

  • Laxmi Zahara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ananta Wikrama Tungga Atmaja Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tika Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Dalam era modern yang didominasi oleh perkembangan teknologi dan inovasi, fisika memainkan peran penting dalam memahami fenomena alam dan menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Namun, konsep-konsep fisika seringkali dianggap sulit dan abstrak, menimbulkan tantangan dalam proses pembelajaran. Artikel ini membahas peran filsafat pendidikan dalam mendukung pemahaman mendalam tentang konsep-konsep fisika melalui pendekatan yang mencakup pragmatisme, konstruktivisme, dan idealisme. Melalui penerapan prinsip-prinsip epistemologi, ontologi, dan aksiologi, pendidikan fisika dapat ditingkatkan dari sekadar pengajaran teori menjadi proses yang kritis dan reflektif. Kajian ini menggarisbawahi pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai moral, etis, dan konteks dunia nyata dalam pendidikan fisika, sehingga siswa tidak hanya memahami konsep energi, gerak, dan hukum alam, tetapi juga menghubungkan pembelajaran dengan implikasi sosial dan lingkungan. Rekomendasi diberikan bagi pendidik untuk mengadopsi pendekatan konstruktivis dan kontekstual, membimbing siswa dalam berpikir kritis dan memahami konsep fisika secara menyeluruh.


In the modern era, dominated by technological advancement and innovation, physics plays a crucial role in understanding natural phenomena and solving everyday life challenges. However, physics concepts are often perceived as difficult and abstract, posing challenges in the learning process. This article discusses the role of educational philosophy in supporting a deeper understanding of physics concepts through approaches such as pragmatism, constructivism, and idealism. By applying principles of epistemology, ontology, and axiology, physics education can be elevated from mere theoretical teaching to a critical and reflective process. This study emphasizes the importance of integrating moral, ethical values, and real-world contexts into physics education, allowing students not only to understand concepts of energy, motion, and natural laws but also to connect learning with social and environmental implications. Recommendations are provided for educators to adopt constructivist and contextual approaches, guiding students in critical thinking and comprehensively understanding physics concepts..

Published
2024-11-13
How to Cite
ZAHARA, Laxmi et al. PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 257-267, nov. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5507>. Date accessed: 14 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5507.
Section
Articles