PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMP DI KABUPATEN JAYAPURA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING DAN METODE BERDIFERENSIASI

  • Nurul Farida Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas supervisi akademik berbasis coaching dan metode berdiferensiasi dalam meningkatkan kompetensi guru di SMP di Kabupaten Jayapura, Papua. Supervisi berbasis coaching diterapkan untuk menciptakan komunikasi kolaboratif dan reflektif antara supervisor dan guru, sementara pendekatan berdiferensiasi memungkinkan supervisi disesuaikan dengan kebutuhan individu guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan angket terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan coaching efektif dalam mengidentifikasi kekuatan dan tantangan guru serta meningkatkan keterampilan mereka dalam pengajaran dan pengelolaan kelas. Metode berdiferensiasi memungkinkan supervisi yang lebih personal, meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan reflektif guru. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa kedua pendekatan tersebut mampu menciptakan lingkungan supervisi yang inklusif dan kolaboratif, meningkatkan kompetensi profesional guru, serta membentuk budaya kerja sama di sekolah. Temuan ini mendukung implementasi supervisi akademik yang lebih adaptif di sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas supervisi akademik berbasis coaching dan metode berdiferensiasi dalam meningkatkan kompetensi guru di SMP di Kabupaten Jayapura, Papua. Supervisi berbasis coaching diterapkan untuk menciptakan komunikasi kolaboratif dan reflektif antara supervisor dan guru, sementara pendekatan berdiferensiasi memungkinkan supervisi disesuaikan dengan kebutuhan individu guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan angket terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan coaching efektif dalam mengidentifikasi kekuatan dan tantangan guru serta meningkatkan keterampilan mereka dalam pengajaran dan pengelolaan kelas. Metode berdiferensiasi memungkinkan supervisi yang lebih personal, meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan reflektif guru. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa kedua pendekatan tersebut mampu menciptakan lingkungan supervisi yang inklusif dan kolaboratif, meningkatkan kompetensi profesional guru, serta membentuk budaya kerja sama di sekolah. Temuan ini mendukung implementasi supervisi akademik yang lebih adaptif di sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Published
2024-10-30
How to Cite
FARIDA, Nurul. PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMP DI KABUPATEN JAYAPURA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING DAN METODE BERDIFERENSIASI. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 189-200, oct. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5464>. Date accessed: 07 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5464.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.