PENGARUH MENULIS BEBAS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA DI MA DARUL ULUM BANYUANYAR PAMEKASAN
Abstract
Pengajaran dan pembelajaran menulis merupakan hal yang sangat penting bagi pembelajar Bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan keterampilan menulis merupakan salah satu aspek kompetensi berbahasa dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis adalah kemampuan untuk mengekspresikan ide, informasi, dan perasaan secara efektif melalui tulisan. Keterampilan ini mencakup aspek-aspek seperti tata bahasa, struktur kalimat, pilihan kata, dan gaya penulisan. Menulis bebas adalah teknik menghasilkan ide yang menarik yang melibatkan penulisan tentang subjek tertentu yang ingin siswa curah pendapat. Menulis bebas adalah teknik untuk menghasilkan ide; ini harus digunakan sebagai awal dari ide-ide yang dimiliki siswa tentang suatu topik. Teknik menulis ini memungkinkan penulis untuk menulis tanpa mengkhawatirkan tata bahasa, ejaan, atau struktur. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi ide secara bebas dan spontan, sering digunakan untuk mengatasi hambatan menulis atau merangsang kreativitas. Penulis hanya perlu fokus pada arus kesadaran mereka, mengekspresikan semua yang ada dalam pikiran mereka tanpa gangguan. Desain penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan desain quasi eksperimental (non-randomized group) yang bertujuan untuk menjawab dan menyelidiki apakah siswa yang menggunakan free writing memiliki prestasi yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan teknik pengelompokan terhadap kemampuan menulis siswa di kelas sepuluh MA Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan. Partisipan terdiri dari 60 siswa; 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan ANCOVA SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F hitung lebih besar dari nilai F kritis (154,870 > 4,00) pada tingkat signifikansi 0,05. Dari temuan penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan teknik menulis bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa pada.
Abstract
Pengajaran dan pembelajaran menulis merupakan hal yang sangat penting bagi pembelajar Bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan keterampilan menulis merupakan salah satu aspek kompetensi berbahasa dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis adalah kemampuan untuk mengekspresikan ide, informasi, dan perasaan secara efektif melalui tulisan. Keterampilan ini mencakup aspek-aspek seperti tata bahasa, struktur kalimat, pilihan kata, dan gaya penulisan. Menulis bebas adalah teknik menghasilkan ide yang menarik yang melibatkan penulisan tentang subjek tertentu yang ingin siswa curah pendapat. Menulis bebas adalah teknik untuk menghasilkan ide; ini harus digunakan sebagai awal dari ide-ide yang dimiliki siswa tentang suatu topik. Teknik menulis ini memungkinkan penulis untuk menulis tanpa mengkhawatirkan tata bahasa, ejaan, atau struktur. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi ide secara bebas dan spontan, sering digunakan untuk mengatasi hambatan menulis atau merangsang kreativitas. Penulis hanya perlu fokus pada arus kesadaran mereka, mengekspresikan semua yang ada dalam pikiran mereka tanpa gangguan. Desain penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan desain quasi eksperimental (non-randomized group) yang bertujuan untuk menjawab dan menyelidiki apakah siswa yang menggunakan free writing memiliki prestasi yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan teknik pengelompokan terhadap kemampuan menulis siswa di kelas sepuluh MA Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan. Partisipan terdiri dari 60 siswa; 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan ANCOVA SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F hitung lebih besar dari nilai F kritis (154,870 > 4,00) pada tingkat signifikansi 0,05. Dari temuan penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan teknik menulis bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa pada.