HADIS DALAM PERSPEKTIF KONTEMPORER: RELEVANSI DAN ADAPTASI DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN
Abstract
Hadis merupakan salah satu sumber utama dalam Islam yang berperan penting sebagai panduan dalam pendidikan umat Muslim. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan sosial, relevansi hadis dalam pendidikan kontemporer sering dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi dan adaptasi hadis dalam sistem pendidikan modern, dengan fokus pada metode dan penerapan yang efektif di lingkungan pendidikan saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka, yang mencakup analisis literatur mengenai peran dan penerapan hadis dalam pendidikan kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hadis tetap relevan dengan pendidikan modern melalui pendekatan kontekstual, pembelajaran berbasis pengalaman, dan kolaboratif yang menggabungkan teknologi digital. Pendekatan ini memungkinkan hadis untuk tidak hanya diajarkan sebagai teori, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan nyata, sehingga mampu membentuk karakter peserta didik yang beretika dan adaptif terhadap perubahan zaman. Di lingkungan pendidikan, hadis dapat diajarkan melalui proyek sosial berbasis nilai-nilai Islam dan pembentukan budaya sekolah yang Islami, memungkinkan siswa menerapkan nilai-nilai moral dalam keseharian. Pendekatan ini memungkinkan hadis untuk tidak hanya diajarkan sebagai teori, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan nyata, sehingga mampu membentuk karakter peserta didik yang beretika dan adaptif terhadap perubahan zama