LOGIKA DAN PENALARAN DALAM PERSPEKTIF ILMU PENGETAHUAN

  • Yulianti Yulianti Universitas Jambi
  • Ajeng Mutya Universitas Jambi
  • Efrida Selhita Universitas Jambi
  • Rachmi Silvia Dwi Putri Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran logika dan penalaran dalam perspektif ilmu pengetahuan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menerapkan logika dan penalaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap konsep dasar logika dan penalaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam analisis ilmiah. Selain itu, faktor-faktor seperti metode pengajaran yang digunakan, lingkungan belajar, dan dukungan dari guru juga berkontribusi pada pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Pembelajaran aktif dan berbasis pengalaman terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan logika dan penalaran. Oleh karena itu, disarankan agar pendidik mengintegrasikan pendekatan tersebut dalam proses pembelajaran untuk membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan di era informasi ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum dan metode pengajaran di sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran logika dan penalaran dalam perspektif ilmu pengetahuan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menerapkan logika dan penalaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap konsep dasar logika dan penalaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam analisis ilmiah. Selain itu, faktor-faktor seperti metode pengajaran yang digunakan, lingkungan belajar, dan dukungan dari guru juga berkontribusi pada pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Pembelajaran aktif dan berbasis pengalaman terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan logika dan penalaran. Oleh karena itu, disarankan agar pendidik mengintegrasikan pendekatan tersebut dalam proses pembelajaran untuk membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan di era informasi ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum dan metode pengajaran di sekolah

Published
2024-10-31
How to Cite
YULIANTI, Yulianti et al. LOGIKA DAN PENALARAN DALAM PERSPEKTIF ILMU PENGETAHUAN. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 201-207, oct. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5386>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5386.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.