PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

  • Yulianti Yulianti Universitas Jambi
  • Hilldha Vieannisatama Universitas Jambi
  • Reska Febriani Universitas Jambi
  • Hanan Arju Rahmatullah Universitas Jambi

Abstract

Percaya diri memainkan peran krusial dalam perkembangan individu, terutama di kalangan siswa, karena sikap percaya diri yang positif tidak hanya membantu mereka meyakini kemampuan dan potensi diri, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Siswa yang memiliki keyakinan kuat lebih mampu menghadapi tantangan, belajar dari pengalaman, dan beradaptasi dengan situasi baru. Sebaliknya, kurangnya rasa percaya diri dapat mengakibatkan kecemasan, ketidakmampuan berinteraksi sosial, dan penurunan prestasi akademis, membuat siswa yang merasa minder cenderung menghindari kesempatan untuk berkolaborasi atau berbagi ide. Dalam konteks ini, guru Bimbingan dan Konseling (BK) memiliki peran penting dalam merancang program bimbingan yang fokus pada peningkatan kepercayaan diri siswa, melalui strategi seperti pelatihan keterampilan sosial dan teknik pengelolaan stres. Dengan pendekatan holistik, siswa dapat dibantu mengatasi rasa tidak percaya diri dan mengembangkan sikap optimis, menciptakan lingkungan yang mendukung yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi secara efektif, berkontribusi dalam lingkungan sosial, dan mencapai tujuan akademis serta pribadi mereka.

Abstract

Percaya diri memainkan peran krusial dalam perkembangan individu, terutama di kalangan siswa, karena sikap percaya diri yang positif tidak hanya membantu mereka meyakini kemampuan dan potensi diri, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Siswa yang memiliki keyakinan kuat lebih mampu menghadapi tantangan, belajar dari pengalaman, dan beradaptasi dengan situasi baru. Sebaliknya, kurangnya rasa percaya diri dapat mengakibatkan kecemasan, ketidakmampuan berinteraksi sosial, dan penurunan prestasi akademis, membuat siswa yang merasa minder cenderung menghindari kesempatan untuk berkolaborasi atau berbagi ide. Dalam konteks ini, guru Bimbingan dan Konseling (BK) memiliki peran penting dalam merancang program bimbingan yang fokus pada peningkatan kepercayaan diri siswa, melalui strategi seperti pelatihan keterampilan sosial dan teknik pengelolaan stres. Dengan pendekatan holistik, siswa dapat dibantu mengatasi rasa tidak percaya diri dan mengembangkan sikap optimis, menciptakan lingkungan yang mendukung yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi secara efektif, berkontribusi dalam lingkungan sosial, dan mencapai tujuan akademis serta pribadi mereka.

Published
2024-10-15
How to Cite
YULIANTI, Yulianti et al. PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 146-153, oct. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5382>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5382.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.