PERAN GURU BK ( Dalam Membantu Problem Penyesuaian Diri Bagi Siswa Baru )
Abstract
Dalam institusi pendidikan khususnya sekolah, pasti ditemukan adanya siswa yang bermasalah dan hal itu dibutuhkan usaha atau langkah agar dapat mengurangi siswa yang memiliki masalah di sekolah yang bersangkutan. Diperlukan juga adanya pendekatan bimbingan konseling yang mana fokus utamanya ialah mengurangi permasalahan dari siswa yang bermasalah dengan pendeketakan bermacam – macam layanan konseling. Setiap siswa dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya, penyesuaian sosial pada siswa tentunya tidak mudah untuk dilakukan, hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman diri yang baik, sehingga diperlukan bimbingan pribadi sosial sehingga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang akan terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui wawasan pemahaman terkait pentingnya penyesuaian diri siswa dengan lingkungannya, serta membantu siswa dalam mengatasi masalah dalam penyesuaian diri dengan lingkungannya.
Abstract
Dalam institusi pendidikan khususnya sekolah, pasti ditemukan adanya siswa yang bermasalah dan hal itu dibutuhkan usaha atau langkah agar dapat mengurangi siswa yang memiliki masalah di sekolah yang bersangkutan. Diperlukan juga adanya pendekatan bimbingan konseling yang mana fokus utamanya ialah mengurangi permasalahan dari siswa yang bermasalah dengan pendeketakan bermacam – macam layanan konseling. Setiap siswa dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya, penyesuaian sosial pada siswa tentunya tidak mudah untuk dilakukan, hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman diri yang baik, sehingga diperlukan bimbingan pribadi sosial sehingga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang akan terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui wawasan pemahaman terkait pentingnya penyesuaian diri siswa dengan lingkungannya, serta membantu siswa dalam mengatasi masalah dalam penyesuaian diri dengan lingkungannya.