ANALISIS HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MURID KELAS IV SDN 1 LINGGAJAYA

  • Andra Ahmad Aulia Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Rizki Hadiwijaya Z Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Winarti Dwi Febriani Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Abstract

Sekolah menjadi sistem pendidikan yang terencana dan sistematis menjadi jenjang Pendidikan formal yang mengemban tanggung jawab yang besar. Keluarga menjadi pendidikan informal yang tak kalah pentingnya bertindak sebagai pengontrol pertumbuhan secara berkelanjutan dan sebagai penanaman nilai-nilai norma pertama dalam diri anak. Berdasarkan hasil wawancara awal dengan guru Kelas IV telah membuahkan suatu data yang menyatakan orang tua siswa Kelas IV SDN 1 Linggajaya kurang maksimal dalam memberikan perhatiannya yang mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang terlibat yakni siswa dan orang tua. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan data dari hasil wawancara awal dengan guru Kelas IV. Hasil penelitian menyatakan (1) perhatian orang tua siswa kelas IV SDN 1 Linggajaya bisa dikatakan sudah cukup baik; (2) adanya hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Linggajaya. 

Abstract

Sekolah menjadi sistem pendidikan yang terencana dan sistematis menjadi jenjang Pendidikan formal yang mengemban tanggung jawab yang besar. Keluarga menjadi pendidikan informal yang tak kalah pentingnya bertindak sebagai pengontrol pertumbuhan secara berkelanjutan dan sebagai penanaman nilai-nilai norma pertama dalam diri anak. Berdasarkan hasil wawancara awal dengan guru Kelas IV telah membuahkan suatu data yang menyatakan orang tua siswa Kelas IV SDN 1 Linggajaya kurang maksimal dalam memberikan perhatiannya yang mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang terlibat yakni siswa dan orang tua. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan data dari hasil wawancara awal dengan guru Kelas IV. Hasil penelitian menyatakan (1) perhatian orang tua siswa kelas IV SDN 1 Linggajaya bisa dikatakan sudah cukup baik; (2) adanya hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Linggajaya. 

Published
2024-09-18
How to Cite
AHMAD AULIA, Andra; HADIWIJAYA Z, Rizki; DWI FEBRIANI, Winarti. ANALISIS HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MURID KELAS IV SDN 1 LINGGAJAYA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 78-84, sep. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5282>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5282.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.