PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH DASAR

  • Azda Zanuba Qathrunnida Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Cece Rakhmat Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Febri Fajar Pratama Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Abstract

Platform Merdeka mengajar ini merupakan sebuah platform edukasi yang dikembangkan oleh kemendikbudristek untuk mendukung implementasi kurikulum Merdeka dengan cepat dan mampu menjadi sarana pengembangan bagi guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya untuk mengembangkan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemudahan dan perubahan yang guru rasakan setelah mengakses Platform Merdeka mengajar (PMM) ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di dapat di paparkan secara naratif, deskriptif dan rinci. Penelitian ini dilakukan kepada dua guru di SDN 4 Setiamulya. Hasil penelitian ini menjelaskan, bahwa dalam Upaya pengembangan kompetensi pedagogic dan professional guru melalui penggunaan Platform Merdeka mengajar (PMM). Guru merasakan perkembangan dalam kegiatan pembelajaran seperti, mampu melaksanakan pembelajaran yang interaktif dan melibatkan peserta didik dalam setiap pembelajaran. Seperti membuat pertanyaan pemantik untuk anak berfikir kritis. Guru juga mampu membuat suasa kelas yang nyaman dengan menata tempat duduk, menghias ruangan dengan berbagai karya yang dibuat oleh peserta didik.

Abstract

Platform Merdeka mengajar ini merupakan sebuah platform edukasi yang dikembangkan oleh kemendikbudristek untuk mendukung implementasi kurikulum Merdeka dengan cepat dan mampu menjadi sarana pengembangan bagi guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya untuk mengembangkan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemudahan dan perubahan yang guru rasakan setelah mengakses Platform Merdeka mengajar (PMM) ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di dapat di paparkan secara naratif, deskriptif dan rinci. Penelitian ini dilakukan kepada dua guru di SDN 4 Setiamulya. Hasil penelitian ini menjelaskan, bahwa dalam Upaya pengembangan kompetensi pedagogic dan professional guru melalui penggunaan Platform Merdeka mengajar (PMM). Guru merasakan perkembangan dalam kegiatan pembelajaran seperti, mampu melaksanakan pembelajaran yang interaktif dan melibatkan peserta didik dalam setiap pembelajaran. Seperti membuat pertanyaan pemantik untuk anak berfikir kritis. Guru juga mampu membuat suasa kelas yang nyaman dengan menata tempat duduk, menghias ruangan dengan berbagai karya yang dibuat oleh peserta didik.

Published
2024-09-15
How to Cite
ZANUBA QATHRUNNIDA, Azda; RAKHMAT, Cece; PRATAMA, Febri Fajar. PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH DASAR. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 64-77, sep. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5266>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5266.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.