DAMPAK BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PERILAKU PHUBBING SISWA SMK 17 AGUSTUS 1945 GENTENG
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK 17 Agustus 1945 Genteng. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 11 SMK 17 Agustus 1945 Genteng. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa dari kelas 11 AK-1 SMK 17 Agustus 1945 Genteng. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling area yaitu teknik penentuan sampel dengan beberapa pertimbangan tertentu (Sugiyono, 2016).Penelitian mengenai Dampak Bimbingan Kelompok Teknik Self Management dalam Mengurangi Perilaku Phubbing Siswa SMK 17 Agustus 1945 Genteng adalah sebagai berikut Dari hasil uji hipotesis penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre test dan post test pada kelompok eksperimen dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre test dan post test pada kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t pada kelompok eksperimen yang menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 30,940 dengan df atau derajat kebebasan = 14 dan diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 atau (0,000 < 0,05). Analisis uji-t pre test dan post test kelompok kontrol diperoleh t-hitung sebesar 1,784 dengan df atau derajat kebebasan = 14 dan diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,096. Nilai Sig. (2-tailed) lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 atau (0,096 > 0,05). Sehingga dapat dinyatakan hipotesis yang menyatakan “Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management efektif untuk mereduksi perilaku phubbing Siswa†diterima.