MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIOUS SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA MIFTAHUL HUDA

  • Roja Syahrul Rohman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abubakar Umar Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kasja Eki Waluyo Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Problem kerusakan moral atau karakter menjadi pusat penelitian ini. Di tengah perkembangan globalisasi dan tantangan zaman kontemporer, madrasah harus memperkuat identitas Islam melalui manajemen boarding school yang efektif. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menyelidiki berbagai strategi dan praktik manajemen yang digunakan untuk mendukung perkembangan karakter religius siswa dan menjawab kegelisahan orang tua terhadap anak-anaknya yang ingin belajar agama dengan cara yang modern. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran manajemen boarding school dalam pembentukan karakter religious siswa di MAS Miftahul Huda. Sumber datanya berasal dari wawancara, observasi, dan dokumen. Mulai dari perencanaan dengan menggunakan kurikulum bebas yang dipadukan dengan kebijakan kepala sekolah yang sesuai dengan budaya pesantren, pengorganisasian melibatkan penetapan struktur organisasi. Ini termasuk membagi tanggung jawab dan tugas jobdesk antara pengajar dan non-pengajar, membuat deskripsi pekerjaan yang jelas untuk setiap posisi, dan membuat jadwal untuk menghindari pembentrokan tugas. Pelaksanaan termasuk dalam kegiatan siswa baik di dalam maupun di luar kelas. Siswa aktif mengikuti program, yang diawasi dengan ketat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor memengaruhi keberhasilan pembentukan karakter religius siswa. Ini termasuk penerapan kurikulum yang didasarkan pada nilai-nilai agama, partisipasi aktif guru dalam memberikan contoh yang baik, dan kegiatan ekstrakurikuler yang membantu pengembangan spiritual siswa. Lingkungan asrama yang ramah dan pengawasan yang ketat juga sangat penting untuk membangun karakter religius. Oleh karena itu, boarding school yang diatur dengan baik dan berfokus pada prinsip-prinsip religius dapat secara signifikan membentuk karakter religius siswa.

Abstract

Problem kerusakan moral atau karakter menjadi pusat penelitian ini. Di tengah perkembangan globalisasi dan tantangan zaman kontemporer, madrasah harus memperkuat identitas Islam melalui manajemen boarding school yang efektif. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menyelidiki berbagai strategi dan praktik manajemen yang digunakan untuk mendukung perkembangan karakter religius siswa dan menjawab kegelisahan orang tua terhadap anak-anaknya yang ingin belajar agama dengan cara yang modern. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran manajemen boarding school dalam pembentukan karakter religious siswa di MAS Miftahul Huda. Sumber datanya berasal dari wawancara, observasi, dan dokumen. Mulai dari perencanaan dengan menggunakan kurikulum bebas yang dipadukan dengan kebijakan kepala sekolah yang sesuai dengan budaya pesantren, pengorganisasian melibatkan penetapan struktur organisasi. Ini termasuk membagi tanggung jawab dan tugas jobdesk antara pengajar dan non-pengajar, membuat deskripsi pekerjaan yang jelas untuk setiap posisi, dan membuat jadwal untuk menghindari pembentrokan tugas. Pelaksanaan termasuk dalam kegiatan siswa baik di dalam maupun di luar kelas. Siswa aktif mengikuti program, yang diawasi dengan ketat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor memengaruhi keberhasilan pembentukan karakter religius siswa. Ini termasuk penerapan kurikulum yang didasarkan pada nilai-nilai agama, partisipasi aktif guru dalam memberikan contoh yang baik, dan kegiatan ekstrakurikuler yang membantu pengembangan spiritual siswa. Lingkungan asrama yang ramah dan pengawasan yang ketat juga sangat penting untuk membangun karakter religius. Oleh karena itu, boarding school yang diatur dengan baik dan berfokus pada prinsip-prinsip religius dapat secara signifikan membentuk karakter religius siswa.

Published
2024-11-16
How to Cite
ROHMAN, Roja Syahrul; UMAR, Abubakar; WALUYO, Kasja Eki. MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIOUS SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA MIFTAHUL HUDA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 536-544, nov. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5164>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.5164.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.