PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZZIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV B DI SDN DUREN III KLARI KARAWANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan metode konvensional yang berpusat pada guru, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang monoton membuat siswa cepat bosan, mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi bilangan cacah melalui penerapan media pembelajaran Quizizz. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, serta melibatkan siswa kelas IV B SDN Duren III Klari Karawang. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dari rata-rata nilai 66,3 pada pra tindakan menjadi 77,4 pada siklus I dan 84,7 pada siklus II, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 41,1% menjadi 88,2%. Penerapan media pembelajaran Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan metode konvensional yang berpusat pada guru, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang monoton membuat siswa cepat bosan, mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi bilangan cacah melalui penerapan media pembelajaran Quizizz. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, serta melibatkan siswa kelas IV B SDN Duren III Klari Karawang. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dari rata-rata nilai 66,3 pada pra tindakan menjadi 77,4 pada siklus I dan 84,7 pada siklus II, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 41,1% menjadi 88,2%. Penerapan media pembelajaran Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.