PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZZIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV B DI SDN DUREN III KLARI KARAWANG

  • Ridwan Maulana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ajat Rukajat Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan metode konvensional yang berpusat pada guru, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang monoton membuat siswa cepat bosan, mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi bilangan cacah melalui penerapan media pembelajaran Quizizz. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, serta melibatkan siswa kelas IV B SDN Duren III Klari Karawang. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dari rata-rata nilai 66,3 pada pra tindakan menjadi 77,4 pada siklus I dan 84,7 pada siklus II, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 41,1% menjadi 88,2%. Penerapan media pembelajaran Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan metode konvensional yang berpusat pada guru, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang monoton membuat siswa cepat bosan, mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi bilangan cacah melalui penerapan media pembelajaran Quizizz. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, serta melibatkan siswa kelas IV B SDN Duren III Klari Karawang. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dari rata-rata nilai 66,3 pada pra tindakan menjadi 77,4 pada siklus I dan 84,7 pada siklus II, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 41,1% menjadi 88,2%. Penerapan media pembelajaran Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2024-11-16
How to Cite
MAULANA, Ridwan; DARMIYANTI, Astuti; RUKAJAT, Ajat. PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZZIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV B DI SDN DUREN III KLARI KARAWANG. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 517-526, nov. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5162>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.5162.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.