HUBUNGAN ANTARA PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 101050 MUARA SIGAMA TAHUN AJARAN 2023/2024
Abstract
Lingkungan keluarga dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Perhatian dan dorongan dari lingkungan keluarga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikarenakan lingkungan keluarga merupakan lingkungan dimana anak paling banyak menghabiskan waktunya yaitu dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan peran lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia Kelas IV Sd Negeri 101050 Muara Sigama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV Sd Negeri 101050 Muara Sigama yang berjumlah 30 orang siswa. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu peran lingkungan keluarga dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu motivasi belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan peran lingkungan keluarga di kategorikan baik dan motivasi belajar siswa di kategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat adanya hubungan antara peran lingkungan keluarga dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil data yang diperoleh pada penelitian ini, terdapat nilai rxy sebesar 0,406 > nilai rtabel yaitu 0,374. Dengan demikian terdapat hubungan antara peran lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 101050 Muara Sigama Tahun Ajaran 2023/2024 berada pada kategori cukup kuat.
Abstract
Lingkungan keluarga dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Perhatian dan dorongan dari lingkungan keluarga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikarenakan lingkungan keluarga merupakan lingkungan dimana anak paling banyak menghabiskan waktunya yaitu dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan peran lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia Kelas IV Sd Negeri 101050 Muara Sigama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV Sd Negeri 101050 Muara Sigama yang berjumlah 30 orang siswa. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu peran lingkungan keluarga dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu motivasi belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan peran lingkungan keluarga di kategorikan baik dan motivasi belajar siswa di kategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat adanya hubungan antara peran lingkungan keluarga dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil data yang diperoleh pada penelitian ini, terdapat nilai rxy sebesar 0,406 > nilai rtabel yaitu 0,374. Dengan demikian terdapat hubungan antara peran lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 101050 Muara Sigama Tahun Ajaran 2023/2024 berada pada kategori cukup kuat.