EFEKTIVITAS TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIBARU
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Efektifitas teknik restrukturisasi kognitifdalam meningkatkan efikasi diri siswa kelas VIII SMP 1 kalibaru.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 1 Kalibaru dengan sampel sebanyak 5 siswa.Metode pengumpulan data dengan mengunakan, kuesioner, observasi, dan wawancara.Sebelum disebarkan angket diuji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat : 1. Uji homogenitas 2. Uji normalitas, uji hipotesis : uji T. Hasil penelitian adalah :TerdapatEfektifitas teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan efikasi diri siswa kelas VIII SMP 1 kalibaru. Hal ini dibuktikan setelah pemberian treatment dengan teknik restrukturisasi kognitif dengan menggunakan konseling kelompok terdapat hasil perhitungan rata-rata pada saat pretest dan posttest mengalami kenaikan pada tingkat efikasi diri siswa. Pada pretest diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen untuk pretest adalah 83 poin dan skor rata-rata pada posttest kelas eksperimen adalah 143 poin, dan pada kelas kontrol skor rata-rata pada pretest adalah 79 dan pada postest juga 79 poin skor. Dari data-data yang telah dijabarkan diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik restrukturisasi kognitif terhadap efikasi diri siswa SMP 1 kalibaru. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji T- test yakni diketahui bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 10,812 dengan signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi yang menunjukkan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Berdasarkan Tabel dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh restrukturisasi kognitif terhadap efikasi diri siswa SMP 1 Kalibaru. Mengetahui H0 ditolak dari hasil berikut: Jika Nilai signifikansi atau nilai probabilitas < = 0,05 maka 𝐻1 diterima dan 𝐻0 ditolak Jika Nilai signifikansi atau nilai probabilitas ≥ dan 𝐻0 diterima 0,05 maka 𝐻1 ditolak.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Efektifitas teknik restrukturisasi kognitifdalam meningkatkan efikasi diri siswa kelas VIII SMP 1 kalibaru.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 1 Kalibaru dengan sampel sebanyak 5 siswa.Metode pengumpulan data dengan mengunakan, kuesioner, observasi, dan wawancara.Sebelum disebarkan angket diuji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat : 1. Uji homogenitas 2. Uji normalitas, uji hipotesis : uji T. Hasil penelitian adalah :TerdapatEfektifitas teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan efikasi diri siswa kelas VIII SMP 1 kalibaru. Hal ini dibuktikan setelah pemberian treatment dengan teknik restrukturisasi kognitif dengan menggunakan konseling kelompok terdapat hasil perhitungan rata-rata pada saat pretest dan posttest mengalami kenaikan pada tingkat efikasi diri siswa. Pada pretest diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen untuk pretest adalah 83 poin dan skor rata-rata pada posttest kelas eksperimen adalah 143 poin, dan pada kelas kontrol skor rata-rata pada pretest adalah 79 dan pada postest juga 79 poin skor. Dari data-data yang telah dijabarkan diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik restrukturisasi kognitif terhadap efikasi diri siswa SMP 1 kalibaru. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji T- test yakni diketahui bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 10,812 dengan signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi yang menunjukkan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Berdasarkan Tabel dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh restrukturisasi kognitif terhadap efikasi diri siswa SMP 1 Kalibaru. Mengetahui H0 ditolak dari hasil berikut: Jika Nilai signifikansi atau nilai probabilitas < = 0,05 maka 𝐻1 diterima dan 𝐻0 ditolak Jika Nilai signifikansi atau nilai probabilitas ≥ dan 𝐻0 diterima 0,05 maka 𝐻1 ditolak.